Kuta (ANTARA News) - Sebanyak 20 anak buah kapal pesiar Costa Concordia yang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Sabtu pukul 14.35 Wita sebagian besar langsung pergi bersama keluarganya masing-masing.

Delapan di antara 20 anak buah kapal kapal pesiar yang mendarat di Bali tersebut berasal dari Yogyakarta. Mereka sementara transit di Ngurah Rai dan akan didampingi oleh perwakilan Kesatuan Pelayaran Indonesia menuju Yogyakarta.

Pesawat yang menerbangkan ke-20 ABK itu menjadi kelompok terbang (kloter) pertama yang mendarat di Pulau Dewata dari 49 orang yang direncanakan akan dipulangkan Sabtu ini. Mereka menggunakan pesawat Thai Airline nomor penerbangan TG 431.

Tidak jauh berbeda dengan situasi kedatangan 14 ABK dari Bali pada Jumat (20/1) malam, 12 orang asal Bali yang tiba Sabtu ini juga langsung menangis dan berpelukan dengan anggota keluarganya yang telah menunggu di depan pintu kedatangan internasional.

"Mungkin karena mereka masih terlalu trauma, kami sejauh ini belum dapat menanyakan apa-apa kepada mereka. Para korban langsung pergi bersama anggota keluarganya masing-masing," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali I Wayan Wiratha, yang turut menjemput kedatangan mereka.

Dalam proses penjemputan tersebut, ia ditemani oleh perwakilan Kesatuan Pelayaran Indonesia, perwakilan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar, dan tiga unsur Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang berkedudukan di Bali yang memberangkatkan mereka.

Tidak hanya Kadisnakertrasn Bali, pihak PPTKIS pun tidak berkesempatan berbicara dengan para ABK kapal  "Costa Concordia" tersebut.

Wiratha mengatakan, pada hari ini  dijadwalkan akan dipulangkan 49 ABK yang berasal dari Bali dengan tiga kloter. Namun, rupanya terjadi perubahan karena pada kloter pertama saja ternyata ada delapan orang yang berasal dari Yogyakarta.

kloter kedua, lanjut Wiratha, diperkirakan akan tiba pukul 16.50 Wita dengan menerbangkan dua orang ABK "Costa Concordia". Sementara pada kloter ketiga diperkirakan tiba pukul 18.50 Wita dengan membawa 27 orang.

"Informasi terakhir yang kami peroleh dari KBRI di Italia, hari ini ada empat kloter yang akan tiba di Ngurah Rai, namun untuk kloter keempat kami belum mendapat informasi yang lebih terinci lagi. Hanya disebutkan kloter keempat akan tiba pukul 19.55 Wita," ucapnya.

Hingga saat ini, ia pun belum dapat memastikan apakah keseluruhan ABK yang tiba merupakan masyarakat asli Pulau Dewata.
(KR-LHS)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012