keberangkatan haji Embarkasi Banjarmasin ada satu calon haji yang wafat dan 3 calon haji lainnya ditunda berangkatnya karena dalam kondisi sakit.
Banjarmasin (ANTARA) - Dua kelompok terbang (Kloter) haji asal Provinsi Kalimantan Selatan sudah berada di Madinah, Arab Saudi dengan total jamaah calon haji 717 orang beserta petugas haji.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Selasa menyampaikan kondisi jamaah Kalsel yang berada di Madinah sesuai informasi dalam keadaan baik.

Menurut dia, Kloter 1 sudah sampai pada Senin sekitar pukul 07.12 Waktu Arab Saudi (WAS) setelah berangkat dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin pada Minggu sekitar pukul 23.00 WITA.

Sedangkan Kloter 2 sudah sampai di Madinah melalui Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz atau Bandar Udara Madinah, Arab Saudi pada Selasa hari ini sekitar pukul 14.00 WAB, setelah diberangkatkan dari tanah air pada pukul 06.30 WITA.

Dikatakan dia, Kloter 1 dengan jumlah 357 JCH dengan petugas haji dan Kloter 2 dengan jumlah sebanyak 360 JCH dengan petugas haji.

"Sebagaimana laporan petugas haji kita di sana, para JCH diantar ke penginapan, yakni, di Hotel Jewar Al Saqefah Madinah.

Menurut dia, dua Kloter tersebut JCH berasal dari Kabupaten Balangan, Tabalong dan Banjar untuk Kloter 1. Sedangkan Kloter 2 dari Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjarbaru dan Banjar.

Sedangkan Kloter 3 yang mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada hari ini sekitar pukul 14.00 WITA dan diberangkatkan Rabu besok sekitar pukul 14.00 WITA akan tiba di Madinah pada Rabu (15/6/2022) pada pukul 21.30 WAB.

"Kita minta doa semuanya agar pelaksanaan ibadah haji ini berjalan lancar, semua JCH sehat wal afiat bisa menjalankan semua kewajiban ibadah haji hingga pulang selamat ke tanah air," tutur Tambrin.

Pada keberangkatan Haji Embarkasi Banjarmasin ini sudah ada satu calon haji yang wafat dan 3 calon haji lainnya ditunda berangkatnya karena dalam kondisi sakit.

Embarkasi Banjarmasin, Kalsel akan menerbangkan 7 Kloter, yaitu, 5 Kloter dari Kalsel dengan kuota haji sebanyak 1.743 orang.

Sementara itu 2 Kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan kuota haji sebanyak 739 orang.

Untuk pemondokan di Arab Saudi jamaah haji dari Embarkasi Banjarmasin berdasarkan sistem zonasi penempatan jamaah haji di Makkah tahun 2022, menempati wilayah Jarwal.
Baca juga: Keberangkatan haji 2022 di Embarkasi Banjarmasin 7 kloter
Baca juga: Kemenag: Kloter pertama haji Kalsel berangkat 12 Juni
Baca juga: Satu calon haji kloter 01 Kalsel wafat dalam penerbangan ke Madinah

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022