Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, mendeteksi 16 titik panas (hot spot), setelah dua hari sebelumnya terdeteksi 9 hot spot pada tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 16 hot spot tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita yang tersebar di tiga kabupaten," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Selasa.

Sebaran 16 hot spot tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Provinsi Kaltim maupun kabupaten, guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Adapun 16 hot spot yang tersebar pada tiga kabupaten di Kaltim tersebut adalah di Kabupaten Berau ada 4 hot spot, di Kutai Kartanegara juga 4 hot spot, dan di Kabupaten Kutai Timur terdapat 8 hot spot.

Baca juga: BMKG Balikpapan deteksi 11 titik panas di Kaltim

Baca juga: 13 titik panas terpantau di wilayah Kaltim


Rinciannya adalah hot spot di Berau tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Biatan satu hot spot, Kecamatan Biduk-Biduk satu hot spot, dan Kecamatan Tabalar terpantau dua hot spot.

Untuk hot spot di Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi di tiga kecamatan, yakni dua hot spot di Kecamatan Loa Janan, satu hot spot di Kecamatan Marangkayu, dan satu hot spot lagi di Kecamatan Samboja.

Sedangkan delapan hot spot yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur terpantau pada empat kecamatan, yakni dua hot spot di Kecamatan Kaubun, dua hot spot di Kecamatan Bengalon.

"Kemudian satu hot spot di Kecamatan Muara Bengkal, dan tiga hot spot Kecamatan Sangatta Selatan. Sebanyak 16 hot spot tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah," ucap Idham.*

Baca juga: BMKG kembali deteksi 17 titik panas di Kaltim

Baca juga: BMKG deteksi 45 titik panas di Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022