Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang hukum terjadi di Indonesia pada Selasa (14/6), mulai dari Mahfud jelaskan perlindungan HAM di Indonesia pada pertemuan Dewan HAM, hingga Polri tetapkan 23 tersangka dalam kasus konvoi Khilafatul Muslimin.

Berikut sajian berita bidang hukum yang dirangkum LKBN ANTARA.


Mahfud jelaskan perlindungan HAM di Indonesia pada pertemuan Dewan HAM

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Side Event Sidang Dewan HAM menjelaskan perlindungan hak asasi manusia di Indonesia terus berjalan di tengah pandemi COVID-19.

"Pandemi mempengaruhi semua aspek, termasuk penegakan perlindungan HAM. Namun, pemerintah Indonesia terus-menerus bekerja untuk memastikan hak-hak dasar setiap warga terlindungi. Ini adalah amanat konstitusi yang terus dijalankan oleh Pemerintah," kata Mahfud pada pertemuan Side Event Sidang Dewan HAM yang dilaksanakan atas kerja sama Komnas HAM RI dan Perwakilan Tetap RI di Jenewa, Swiss, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Eks pejabat Kementerian ESDM divonis 4 tahun penjara karena korupsi

Mantan pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sri Utami divonis 4 tahun penjara ditambah denda senilai Rp250 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti melakukan sejumlah pengadaan fiktif pada 2012 yang merugikan negara senilai Rp11,124 miliar.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Sri Utami terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun dan pidana denda sejumlah Rp250 juta yang bila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama 3 bulan," kata ketua majelis hakim Toni Irfan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Kejagung catat kerugian negara terkait kasus mafia tanah Rp1,4 triliun

Kejaksaan Agung RI mencatat perkara korupsi terkait dengan mafia tanah selama periode 2020 sampai dengan 2022 telah menimbulkan kerugian keuangan negara mencapai Rp1,4 triliun.

"Mafia tanah itu ditangani oleh bidang tindak pidana khusus (pidsus) di seluruh Indonesia," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan RI Ketut Sumedana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.


Polri usut pengedit foto stupa Borobudur mirip Jokowi

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengusut pembuat foto stupa Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Presiden Joko Widodo, yang menyinggung soal naiknya harga masuk ke situs warisan dunia tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan Direktorat Siber Bareskrim Polri telah bergerak mendalami siapa pelaku yang telah membuat foto tersebut.

Selengkapnya baca di sini.


Polri tetapkan 23 tersangka dalam kasus konvoi Khilafatul Muslimin

Penyidik Polri menetapkan 23 orang sebagai tersangka dalam kasus konvoi kelompok Khilafatul Muslimin yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, tersangka tersebut termasuk pimpinannya Abdul Qadir Hasan Baraja.

"Pada saat ini total sudah ada 23 orang yang ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022