UEFA Nations League

Memphis Depay pastikan Belanda amankan tiga poin dari Wales

Memphis Depay pastikan Belanda amankan tiga poin dari Wales

Penyerang Memphis Depay (10) merayakan keberhasilannya mencetak gol kemenangan Belanda ketika mengalahkan Wales dengan skor 3-2 pada pertandingan Grup A4 UEFA Nations League di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Selasa (14/6/2022). (ANTARA/REUTERS/PIROSCHKA VAN DE WOUW)

Jakarta (ANTARA) - Gol larut Memphis Depay di waktu tambahan babak kedua memastikan timnas Belanda mengamankan tiga poin setelah mengalahkan Wales dengan skor 3-2 pada pertandingan Grup A4 UEFA Nations League di Stadion De Kuip, Rotterdam, Rabu dini hari WIB.

Dua gol Belanda lainnya dicetak oleh Noa Lang dan Cody Gakpo, sedangkan Wales membalas melalui Brennan Johnson dan tendangan penalti Gareth Bale pada waktu tambahan babak kedua.

Kemenangan itu mengukuhkan posisi Belanda di puncak klasemen sementara Grup A4 UEFA Nations League dengan raihan 10 poin dari empat pertandingan, sedangkan Wales berada di peringkat empat dengan torehan satu poin.

Baca juga: Dua gol Timo Werner bawa Jerman hancurkan Italia 5-2

Belanda tampil dominan dengan mencatatkan 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 22 tendangan yang 7 di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Wales melepaskan sembilan tendangan dengan empat yang tepat sasaran.

Belanda mampu membuka keunggulan mereka di laga ini pada menit 17 setelah umpan Vincent Janssen dikonversi menjadi gol melalui tendangan kaki kanan Noa Lang.

Berselang enam menit, Belanda menggandakan keunggulannya, kali ini melalui upaya individu Caody Gakpo yang merangsek ke lini pertahanan Wales sebelum akhirnya pemain PSV Eindhoven itu melepaskan tendangan keras kaki kanan yang menghujam gawang dari Wayne Hennessey.

Baca juga: Hungaria hancurkan Inggris empat gol tanpa balas

Tertinggal dua gol, Wales bereaksi dan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit 26 setelah umpan Harry wilson dimaksimalkan tendangan kaki kanan Brennan Johnson.

Selama pertandingan, kiper Wales Hennessey berjibaku keras untuk menjaga gawangnya dari kebobolan lebih banyak gol sebelum The Dragons mampu menyamakan kedudukan pada waktu tambahan babak kedua.

Berawal pelanggaran Tyrell Malacia kepada Connor Roberts di kotak terlarang, wasit memberikan hadiah penalti kepada Wales setelah melakukan pengecekan melalui VAR. Gareth Bale yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dan mengubah skor menjadi 2-2 pada menit 90+2.

Ketika pertandingan terlihat akan berakhir imbang, Belanda memastikan diri keluar sebagai pemenang setelah penyerang Barcelona Memphis Depay mencetak gol pada menit 90+3 seusai memanfaatkan kesalahan lini belakang Wales.

Baca juga: Kalahkan Ceko 2-0, Spanyol ke puncak klasemen

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar