Jakarta (ANTARA) -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada Rabu.

Menurut informasi BMKG yang dikutip ANTARA di Jakarta, Rabu pagi, sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan adalah Serang, Jakarta Pusat, Bandung, Surabaya dan Banjarmasin.

Selain itu wilayah di Indonesia yang juga berpotensi hujan ringan adalah Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Palembang dan Medan.

Sementara wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan sedang adalah Bengkulu dan juga Jambi.

BMKG juga memprakirakan bahwa wilayah Banda Aceh, Yogyakarta, Gorontalo, berpeluang hujan dengan intensitas sedang serta disertai petir.

Pada hari ini juga terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi cerah berawan di antaranya adalah Denpasar, Samarinda, Ambon, Kupang, Makassar, Manado dan juga Padang.

Selain itu juga terdapat wilayah yang kondisi cuacanya diprakirakan berawan yakni Semarang, Ternate dan juga Kendari.

BMKG juga memprakirakan untuk suhu di sejumlah kota besar di Indonesia pada hari ini sekitar 20 hingga 33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembabannya, diperkirakan sebesar 60 hingga 100 persen.

Menurut informasi BMKG peluang hujan di sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia, Barat Daya Sumatera, Selat Makassar dan Selat Karimata yang membentuk daerah pertemuan serta perlambatan kecepatan angin.

BMKG juga menginformasikan bahwa terdapat wilayah konvergensi yang memanjang di Sumatera Barat, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur, dari Tomini hingga Laut Flores dan juga sejumlah wilayah lainnya.

Selain itu juga terdapat daerah pertemuan angin di pesisir timur Jambi, Malaka dan juga Selat Karimata yang meningkatkan peluang hujan di wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang wilayah konvergensi.


Baca juga: BMKG memprakirakan hujan turun di sebagian besar wilayah provinsi

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi di Indonesia berpotensi hujan lebat

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan hingga sedang guyur sejumlah kota besar



 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022