Jakarta (ANTARA) - UEFA tengah mempertimbangkan untuk memperkenalkan turnamen mini terdiri dari empat tim dalam awal setiap musim, tepat sebelum fase grup Liga Champions dimulai, kata badan sepak bola Eropa itu seperti dikutip AFP, Rabu.

Harian olahraga Prancis L'Equipe melaporkan UEFA sedang mempertimbangkan menggelar kompetisi yang melibatkan juara Liga Champions musim sebelumnya bersama dengan tiga klub terkemuka lainnya.

L'Equipe melaporkan bahwa ide itu dimasukkan dalam undangan tender hak siar Liga Champions yang baru diperpanjang dari 2024 hingga 2027.

Ketika dihubungi AFP, UEFA mengatakan "itu gagasan yang dirujukkan dalam panggilan bidding, tetapi belum ada keputusan apa-apa".

Seorang sumber yang mengetahui rencana ini menyebutkan turnamen mini tersebut tidak akan melibatkan banyak pertandingan.

Babak penyisihan grup Liga Champions diperluas dari musim 2024/2025 menjadi 36 klub, naik dari 32 klub seperti saat ini berlaku.

Mereka semua akan disatukan dalam satu pool di mana setiap tim memainkan delapan pertandingan, semuanya melawan tim berbeda, dibandingkan dengan saat ini berlaku di mana delapan grup yang terdiri dari empat tim masing-masing memainkan enam pertandingan.

Bulan lalu Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan kepada AFP bahwa telah dilakukan pembicaraan untuk mengubah Piala Super UEFA menjadi kompetisi empat tim ketimbang kompetisi satu pertandingan antara juara Liga Champions dan juara Liga Europa.

"Itu satu kemungkinan pastinya. Saat ini siapa yang akan bermain persisnya kami belum bisa memastikannya," kata Ceferin.

"Ini salah satu ide bahwa kami akan melakukan sesuatu yang lebih pada awal musim, atau sebelum awal musim."

Real Madrid akan menghadapi Eintracht Frankfurt dalam Piala Super tahun ini di Helsinki pada 10 Agustus.


Baca juga: Ukraina ditahan imbang Irlandia, Bosnia tekuk Finlandia 3-2
Baca juga: Tandukkan Michy Batshuayi bawa Belgia taklukkan Polandia
Baca juga: Memphis Depay pastikan Belanda amankan tiga poin dari Wales
Baca juga: Hungaria hancurkan Inggris empat gol tanpa balas

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022