Mereka adalah Aminuddin Prahatama Putra nomor urut 1, Achmad Syamsu Hidayat nomor urut 2, Yudi Firmanul Arifin nomor urut 3 dan Ahmad Alim Bachri nomor urut 4
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak empat kandidat resmi ditetapkan sebagai bakal calon Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2022-2026 setelah melalui tahapan pendaftaran hingga verifikasi dokumen persyaratan.

"Mereka adalah Aminuddin Prahatama Putra nomor urut 1, Achmad Syamsu Hidayat nomor urut 2, Yudi Firmanul Arifin nomor urut 3 dan Ahmad Alim Bachri nomor urut 4," kata Ketua Senat ULM Prof Muhammad Hadin Muhjad di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu.

Berikutnya para bakal calon menyerahkan visi misi dan program kerja pada 6 sampai 8 Juli 2022. Sesuai kesepakatan senat atas aspirasi mahasiswa, maka keempat kandidat juga akan dilaksanakan dialog bersama mahasiswa secara terbuka.

Kemudian pada tahapan penyaringan calon pada 13 Juli 2022, senat menggelar sidang tertutup untuk menetapkan tiga orang calon rektor peraih suara terbanyak. Ada 66 anggota senat pemilik hak suara akan melakukan pencoblosan. Mereka terdiri dari guru besar, unsur pimpinan universitas dan fakultas hingga lembaga serta perwakilan dua dosen utusan fakultas.

Tahap terakhir pemilihan tiga calon rektor oleh anggota senat bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada 31 Agustus 2022. Untuk proses ini, menteri memiliki bobot suara 35 persen dari total. Berdasarkan haknya atas suara tersebut, menteri pun bisa membagi suaranya ke para kandidat atau bulat hanya untuk satu kandidat.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor ULM periode 2022-2026 Nurul Azkar menyampaikan agenda bersifat tentatif karena menyesuaikan jadwal pihak kementerian. Namun sesuai peraturan yang berlaku, pemilihan calon rektor minimal 15 hari sebelum masa jabatan rektor yang ada berakhir.

Rektor ULM Prof Sutarto Hadi yang telah memimpin dua periode berakhir masa jabatannya pada 19 September mendatang.

"Begitu juga penetapan jadwal penyaringan calon pada 13 Juli 2022 dikarenakan menurut aturan satu bulan sebelum pemilihan rektor harus dilakukan penyaringan para bakal calon. Jadi ada waktu 1 bulan 15 hari sebelum pemilihan tiga calon rektor," kata Azkar.

Sementara Prof Sutarto mengaku bersyukur proses menuju pergantian rektor berjalan lancar hingga penetapan empat bakal calon rektor yang berhak dipilih oleh senat.

"Suasananya begitu damai dan demokratis. Jadi silahkan setiap pemilik suara untuk memberikan hak suaranya berdasarkan hati nurani dan yakin kandidat yang dipiĺih layak memimpin ULM sebagai PTN terakreditasi A dan sudah berstatus Badan Layanan Umum (BLU)," katanya.


Baca juga: Rektor : Universitas Lambung Mangkurat menuju 100 guru besar

Baca juga: Rektor ULM dorong mahasiswa merintis usaha sejak di bangku kuliah

Baca juga: Dihimpun dari Forum Rektor, ULM bantu warga Kurau terdampak banjir

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat sasar mahasiswa Eropa

 

Pewarta: Firman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022