Jamaah haji atas nama Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dalam pesawat, 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah
Banda Aceh (ANTARA) -
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menyatakan satu jamaah calon haji (JCH) Embarkasi Aceh  meninggal dunia saat masih dalam penerbangan menuju Madinah, Arab Saudi pada Rabu (15/6) pagi, menjelang pendaratan pesawat.

“Jamaah haji atas nama Muslim Abdul Wabah Salam meninggal dalam pesawat, 15 menit sebelum landing di Bandara Amir Muhammad Abdul Aziz, Madinah,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal di Banda Aceh, Rabu.

Ia mengatakan JCH yang meninggal dunia bernama Muslim Abdul Wahab Salam, berusia 51 tahun. Jamaah ini berada dalam kloter pertama, pemegang nomor paspor C6765252 yang berasal dari Kabupaten Pidie Jaya.

Menurut laporan, kata Iqbal, jamaah ini memiliki diagnosa penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Ia dinyatakan meninggal dunia saat masih dalam pesawat sekitar pukul 4.37 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sebelumnya, sebanyak 393 orang jamaah calon haji Embarkasi Aceh diterbangkan ke Madinah menggunakan pesawat SKYTEAM Garuda Indonesia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada Rabu, dini hari.

Jamaah kloter pertama itu berangkat sekitar pukul 01.25 WIB. Sebelumnya, jamaah telah lebih dulu masuk ke Asrama Haji Embarkasi Aceh di Banda Aceh, sehari sebelum jadwal penerbangan.

Selama di asrama, mereka mengikuti serangkaian kegiatan dan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan kesehatan tahap akhir dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Dinas Kesehatan Aceh.

"Alhamdulillah kondisi jamaah semua sehat, yang berangkat 393 jamaah. Seperti kita lihat tadi, semua jamaah siap diberangkatkan dan semua sehat," kata Iqbal.

Sementara untuk fardhu kifayah, menurut Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) kloter satu Embarkasi Aceh Muhammad Qusay, shalat jenazah akan dilaksanakan di Masjid Nabawi dan pemakaman di Baqi.

"Saat ini dalam proses pengurusan jenazah bersama pihak maktab untuk proses fardhu kifayah, kita minta dishalatkan di Masjid Nabawi dan pemakaman kemungkinan di Baqi," kata Qusay.

Baca juga: 393 calon haji Aceh kloter pertama diterbangkan ke Tanah Suci

Baca juga: Gubernur ingatkan jamaah Aceh jaga kesehatan agar ibadah haji lancar

Baca juga: Farah Fazira, jamaah haji termuda Aceh asal Lhokseumawe

Baca juga: Haji tertua dari Aceh meninggal di Arab Saudi

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022