Pak Hadi sekarang di dalam, langsung ratas, setelah beliau ratas nanti akan bersama-sama kami di kantor untuk serah terima jabatan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyebutkan bahwa Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto langsung menghadiri rapat terbatas usai pelantikan.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melantik dua menteri dan tiga wakil menteri di Istana Negara, pada Rabu, antara lain Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN dan Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni.

"Pak Hadi sekarang di dalam, langsung ratas, setelah beliau ratas nanti akan bersama-sama kami di kantor untuk serah terima jabatan," kata Raja Juli kepada awak media di kawasan Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Raja Juli mengatakan penunjukannya sebagai Wakil Menteri ATR untuk membantu Menteri Hadi Tjahjanto dalam mewujudkan visi misi Presiden, yakni reforma agraria.

Presiden meminta agar konflik agraria atau sengketa tanah segera diselesaikan, seperti yang sebelumnya ditekankan melalui Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA Summit) 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6).

"Saya baca di Wakatobi kemarin, Presiden menyampaikan arahan banyak terjadi pedang-pedangan karena sengketa, banyak terjadi konflik di bawah yang sangat membuat kita sedih. Oleh karena itu, ini harus diselesaikan secara maksimal, secepat mungkin," kata Raja Juli.

Sebelumnya Presiden menyampaikan bahwa banyaknya masalah agraria, terutama sengketa tanah dipengaruhi oleh salah satunya adanya egosektoral antarkementerian.

Oleh karena itu, Raja Juli berkomitmen untuk menyelesaikan masalah sengketa tanah secara kolaboratif dan bekerja sama antarkementerian dan lembaga.

Selain sengketa tanah, Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu juga akan membantu menyelesaikan sertifikasi tanah atau dikenal melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Yang tidak kalah penting, ia menyebutkan bahwa Kementerian ATR/BPN juga dibebani tugas terkait penyediaan lahan untuk pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"IKN salah satunya, jadi konflik agraria dan salah satu yang fokus Pak Jokowi juga IKN," tutup Raja Juli.



Baca juga: Wapres sebut implementasi Program Reforma Agraria junjung persatuan
Baca juga: Airlangga apresiasi kinerja Gugus Tugas Reforma Agragia
Baca juga: Presiden ingatkan dampak sosial-ekonomi timbul akibat sengketa lahan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022