Jambi (ANTARA) - Pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi memastikan kesiapan pelayanan penerbangan jamaah calon haji Provinsi Jambi melalui pintu khusus.

"Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan otoritas bandara, nantinya bandara akan menyiapkan pintu khusus untuk jamaah haji," kata General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Siswanto di Jambi, Rabu.

Ia menjelaskan jalur khusus yang disiapkan untuk jamaah calon haji guna mempermudah pengaturan keberangkatan mereka ke Tanah Suci, di mana jalur khusus tersebut disiapkan di pos dua bandara setempat di dekat ruang VIP Bandara Sultan Thaha Jambi.

Melalui pos dua Bandara Sultan Thaha Jambi tersebut dapat mempermudah petugas mengakomodasi JCH memasuki pesawat. Dari Bandara Sultan Thaha Jambi, jamaah calon haji diberangkatkan menuju Embarkasi Batam untuk selanjutnya mereka bertolak menuju Arab Saudi.

"Kita siapkan pintu khusus untuk mereka, agar lebih mudah dan bisa diatur dengan baik," kata Siswanto.

Baca juga: Pemprov Riau siapkan Rp11 M sewa pesawat untuk jamaah haji

Persiapan lainnya yakni terkait dengan barang bawaan jamaah calon haji yang sudah harus tiba di bandara tiga jam sebelum keberangkatan agar proses muat barang ke pesawat tidak menyebabkan keterlambatan keberangkatan.

Terkait dengan pemeriksaan tes PCR bagi calon haji dilaksanakan di Asrama Haji Jambi. Begitu pula dengan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan lainnya bagi jamaah calon haji.

"Kita masih menunggu hasil lelang maskapai yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, saat ini kita masih fokus pada persiapan di bandara," kata dia.

Sebanyak 309 calon haji asal Kota Jambi pada Selasa (14/6) melaksanakan pemeriksaan kesehatan, tes PCR, dan vaksinasi penguat COVID-19 di Rumah Dinas Wali Kota Jambi. Tes PCR dan vaksinasi COVID-19 tersebut dilaksanakan sebagai persiapan keberangkatan JCH daerah itu.

Hasil pemeriksaan kesehatan, seluruh calon haji dari Kota Jambi dinyatakan dalam keadaan sehat.

Baca juga: Bandara Hang Nadim siapkan dua tempat parkir pesawat haji 2022
Baca juga: Bandara Adi Soemarmo siapkan lima tempat parkir untuk pesawat haji
Baca juga: PPIH giatkan sosialisasi kesehatan bagi calhaj sejak turun pesawat

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022