Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, untuk efisiensi waktu maka tahun ini acara pamitan sekaligus dirangkaikan bersama pelepasan/pemberangkatan
Sleman, DIY (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kustini Sri Purnomo melepas keberangkatan jamaah calon haji (CJH)  Kabupaten Sleman pada musim haji  2022 kloter 18 SOC sejumlah 354 jamaah di Masjid Agung dr Wahidin Soedirohusodo Sleman, Rabu.

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, untuk efisiensi waktu maka tahun ini acara pamitan sekaligus dirangkaikan bersama pelepasan/pemberangkatan.

Bupati menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah haji kepada CJH Kabupaten Sleman Tahun 2022 ini.

Ia juga mengajak JCH untuk selalu memanjatkan rasa syukur dapat berangkat tahun ini karena dua tahun terakhir perjalan haji harus tertunda akibat pandemi COVID-19.

"Saya berpesan kepada seluruh calon jamaah haji sekalian untuk selalu menjaga kesehatan karena perbedaan kondisi geografis Indonesia dan Arab Saudi, oleh karena itu persiapkan agar ibadah haji bapak ibu sekalian dapat lancar dan mabrur," kata Kustini Sri Purnomo.

Bupati Sleman juga mendoakan calon haji untuk selalu dibekali Allah SWT dengan taqwa, dimaafkan dosa-dosanya, dimudahkan di manapun calon haji berada, serta dapat kembali pulang ke Tanah Air sebagai haji mabrur.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Sleman Tahun 2022 Mustadi mengatakan bahwa maksud dan tujuan acara pamitan dan pelepasan calon jamaah haji ini untuk mohon doa restu sekaligus arahan kepada Bupati Sleman beserta jajarannya.

"Acara ini tentu memohon doa restu sekaligus arahan dari Bupati Sleman beserta jajaran agar calon jamaah haji Kabupaten Sleman Tahun 2022 diberikan kesehatan, kelancaran, kemabruran, dan mengharumkan nama Indonesia dan Sleman," katanya.

Secara garis besar jumlah CJH Kabupaten Sleman yang akan berangkat tahun ini sebanyak 555 orang yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) dengan rincian kloter 18 SOC sebanyak 354 orang, kloter 21 SOC sebanyak 170 orang, dan kloter 43 SOC sebanyak 31 orang.

Dari tiga kloter tersebut akan dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama yakni kloter 18 dan kloter 21 diberangkatkan dari Sleman Rabu 15 Juni dan Jumat, 17 Juni.

Kemudian gelombang dua yakni kloter 43 diberangkatkan dari Sleman hari Sabtu 2 Juli 2022.

"Untuk rencana pemulangan awal, kloter 18 SOC dijadwalkan Kamis 28 Juli 2022 kemudian kloter 21 Sabtu 30 Juli 2022 dan pemulangan terakhir kloter 43 yakni hari Minggu 14 Agustus 2022," demikian Mustadi.

Baca juga: Kuota Haji 2022 Kabupaten Sleman sebanyak 549 jamaah

Baca juga: Sebanyak 800 calon haji DIY tertunda berangkat

Baca juga: Paku Alam X lepas 1.427 calon haji DIY

Baca juga: UIN Yogyakarta jalin kedekatan pengelola haji dan umrah antarnegara

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022