Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu, 15 Juni 2022, Presiden Joko Widodo memiliki jadwal padat, mulai dari makan siang bersama para ketua umum partai politik koalisi, dan melantik anggota baru Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024.

Agenda makan siang yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB itu berlangsung di "Presidential Lounge" yang baru pertama kali digunakan Presiden Jokowi.

Saat makan siang, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Jokowi mengambil tempat duduk di tengah, diapit oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh. Tepat di seberang-nya, duduk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Di sebelah kanan Prabowo tampak duduk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, sedangkan di sebelah kirinya duduk Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut yaitu Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa.

Sebagai makanan pembuka disajikan salad putri dewi dan shabu-shabu. Selanjutnya untuk hidangan utama, Presiden Jokowi menyediakan tiga menu yaitu "beef tanderloin steak" atau "salmon steak" atau nasi goreng kecombrang yang disajikan dengan dendeng batokok, ayam kari deli, oseng brokoli scallop, udang telur asin, tahu jamur dan kerapu bakar.

Sedangkan untuk makanan penutup disajikan puding kelapa serta jus kedongdong dan kelapa.

Pertemuan berlangsung hangat dan akrab. Presiden Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa. "Sekali-kali kita makan di sini," kata Presiden.

"Tempatnya bagus, Pak, lebih modern (desain-nya)," ujar Airlangga.

Airlangga menyebut pembicaraan saat makan siang tersebut juga membahas konsolidasi politik terutama untuk menghadapi tantangan global ke depan.

"Tadi dibahas tantangan di bidang energi, tantangan di bidang pangan dan juga tadi disampaikan terkait capaian di bidang ekonomi. Tantangannya tentu di berbagai sektor menjadi berat dan ini hanya bisa ditangani apabila secara politik stabil," ungkap Airlangga.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkap makan siang itu juga sekaligus "mengukuhkan" satu ketum baru yang masuk ke koalisi pemerintahan.

"Artinya kebetulan hari ini ada ketum baru (masuk kabinet), secara formal dikukuhkan. Makan siang, di tempat baru yang belum pernah dipakai oleh Presiden untuk menyambut siapa pun karena memang ini ruang privat presiden dan disebut dengan 'Presidential Lounge', maka yang pertama diundang sebagai tamu-tamu adalah ketua-ketua umum partai," tutur Pramono.

Sedangkan Suharso mengatakan obrolan saat makan siang adalah mengenai perkembangan dunia dan bagaimana Indonesia menjadi contoh bagi negara di dunia.

"Sebaiknya Indonesia memberikan pandangan, pengalaman bagaimana Indonesia mengatasi pandemi, 'economy recovery', harga pangan yang lagi melangit, Indonesia bisa stabil, harus kita bersyukur," kata Suharso.

"Reshuffle" kabinet
Setelah makan siang, Presiden Jokowi pun melantik dua figur menteri dan tiga figur wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara.

Dua orang menteri yang dilantik berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 yaitu di Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan; dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Presiden Jokowi juga melantik tiga wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Ketiganya Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan; dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN

Menurut Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan memiliki rekam jejak dan pengalaman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perdagangan di Tanah Air khususnya soal kebutuhan pokok di dalam negeri.

"Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan 'track record' yang panjang. Saya kira akan sangat bagus untuk Menteri Perdagangan, karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan untuk melihat langsung persoalan, utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," ujar Presiden Jokowi usai pelantikan.

Zulkifli Hasan pun menyatakan kesiapan-nya untuk menjalankan tugas dan mengaku akan segera menyelesaikan masalah ketersediaan minyak goreng.

"Saya kira 'back ground' pengalaman saya yang panjang tentu akan membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di manapun dan harga terjangkau. Itu yang paling penting sebenarnya," ucap Zulkifli.

Segera setelah melakukan serah terima jabatan (sertijab) di Kementerian Perdagangan, Zulkifli ingin menerapkan strategi khusus untuk mengatasi minyak goreng.

"Salah satu contoh ya, kan minyak goreng subsidi itu, (misalnya) pakai mobil besar, tentu tidak mudah, tapi saya dengar terakhir sudah dibikin kemasan walau pun kemasan sederhana. Itu saya usul sebulan yang lalu. Saya ketemu beberapa kawan, saya mengatakan 'Ya kalau pakai tangki susah, sulit, dan itu bisa bocor banyak, tapi kalau dikasih bisa sampai ke mana-mana, tinggal nanti distribusi dan yang berhak'," tambah Zulkifli.

Zulkifli menyebut dengan cara itu masyarakat dapat memperoleh akses ke minyak goreng subsidi dengan lebih mudah.

"Kasih saya kesempatan, (saya) mau belajar, tapi belajar cepat, karena pengalaman saya kan 20 tahun. Saya kira satu hari lihat sebentar mudah2an bisa langsung," tutur Zulkifli.

Selain Zulkifli Hasan, Presiden Jokowi menilai pengalaman Hadi Tjahjanto sebagai mantan Panglima TNI periode 2017-2021 menjadikannya memiliki penguasaan di bidang teritori. Hadi juga dinilai Presiden Jokowi sebagai seseorang yang teliti dalam bekerja di lapangan sehingga diyakini mampu menyelesaikan masalah pertanahan di Tanah Air.

"Tadi malam saya sampaikan urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah, sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan, yang kedua urusan sertifikat harus sebanyak-banyaknya juga bisa diselesaikan. Termasuk di dalamnya urusan lahan, tanah yang berkaitan dengan IKN," ucap Presiden.

Menanggapi hal tersebut, Hadi pun mengatakan akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk segera menyelesaikan masalah pertanahan, khususnya soal sertifikat rakyat yang hingga saat ini baru terealisasi 81 juta sertifikat dari total target 126 juta sertifikat.

"Itu target pertama yang segera saya realisasikan. Namun saya lihat di lapangan permasalahannya apa, apakah permasalahan itu masih K2 atau K3 itu juga akan kita selesaikan, tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait supaya segera terealisasi untuk sertifikat milik rakyat tersebut," kata Hadi.

Tak hanya masalah sertifikat tanah, Hadi juga menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan sengketa tanah termasuk masalah pertanahan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hadi pun berharap target tersebut dapat direalisasikan dalam waktu dekat.

"Insya Allah dalam waktu dekat kita akan sampaikan target berapa hari itu sudah bisa terealisasi," tegasnya.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor seusai dilantik juga menyebut dirinya yakin dapat menjalin kerja sama yang baik dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

"Saya harus bersinergi, Ibu Ida sendiri kan dari Partai Kebangkitan Bangsa, harapannya bisa menjalankan organisasi bersama-sama untuk Indonesia," kata Afriansyah.

Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang tiu mengatakan tidak ada tugas khusus yang dipesankan Presiden Jokowi untuk ia kerjakan.

"Belum ada (target khusus), cuma beliau menyampaikan bantu tugas tugas kementerian," tambah Afriansyah.

Sedangkan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni mengatakan diminta membantu untuk menyelesaikan konflik agraria.

"Tadi Pak Presiden menyampaikan, pertama menyelesaikan konflik agraria. Saya baca di Wakatobi, Presiden menyampaikan arahan banyak terjadi pedang-pedang-an, banyak terjadi konflik di bawah yang sangat membuat kita sedih, oleh karena itu, ini harus diselesaikan secara maksimal, secepat mungkin, sebanyak mungkin," ungkap Raja Juli.

Masalah kedua yang harus diselesaikan adalah Sekretaris Dewan Pertimbangan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu adalah mempercepat proses sertifikasi tanah.

"Program sertifikasi tanah akan terus dilanjutkan juga semaksimal mungkin menjelang Pak Jokowi selesai masa periode keduanya ini, tahun 2024," imbuh Raja Juli.

Menurut Raja Juli, salah satu masalah utama adalah mafia tanah dan Presiden Jokowi mendorong supaya ada proses transparansi dalam semua proses.

"Karena sekali lagi kepemimpinan Presiden Jokowi adalah kepemimpinan yang melayani. Oleh karena itu, proses yang 'simple', yang transparan, proses yang melayani, itu menjadi pesan Pak Jokowi yang nanti akan dieksekusi secara langsung oleh Pak Menteri dan saya akan membantu mengeksekusi-nya," jelas Raja Juli.

Presiden Jokowi diketahui beberapa kali sudah melakukan langkah politik terkait susunan kabinet pada Rabu pon maupun Rabu pahing.

Presiden Jokowi pertama kali merombak kabinetnya pada Rabu pon, 12 Agustus 2015. Setahun kemudian, "reshuffle" kabinet terjadi lagi pada Rabu pon, 27 Juli 2016.

Selanjutnya pada 17 Januari 2018, Presiden Jokowi kembali merombak kabinetnya. Ketika itu perombakan kabinet bukan terjadi pada Rabu pon, melainkan pada Rabu pahing.

"Reshuffle" kabinet kembali dilakukan pada Rabu pahing, 15 Agustus 2018.

Kemudian Presiden Jokowi mengumumkan enam orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa pahing, 22 Desember 2020, namun pelantikan tetap dilakukan pada Rabu pon, 23 Desember 2020.

Rabu disebut sebagai hari weton Presiden Jokowi yang lahir di Solo pada Rabu, 21 Juni 1961. Karena dianggap sebagai hari baik, Presiden Jokowi kerap mengambil keputusan penting pada hari Rabu.

Apa lagi yang akan terjadi pada hari Rabu di masa mendatang?

Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022