Jakarta (ANTARA) - Pembuat mobil listrik Swedia Polestar bersiap merilis model SUV listrik pertamanya setelah menuai sukses di 10 pasar pada 2020 dan perluasan pasar baru sejak awal tahun ini ke Uni Emirat Arab, Kuwait, Hong Kong, Irlandia, Spanyol, dan Portugal.

SUV listrik yang disiapkan Polestar itu antara lain Polestar 3 yang dijadwalkan debut dunia pada Oktober mendatang. Kemudian akan diikuti dengan coupe SUV listrik Polestar 4 dan Polestar 5 GT empat pintu.

Polestar 4 diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2023 dan memasuki salah satu segmen pasar yang paling kompetitif dalam hal permintaan, kinerja, dan desain.

Polestar 5 juga sedang dalam tahap pengembangan lanjutan dan direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2024. Sebuah prototipe akan ditampilkan untuk pertama kalinya di depan umum di Goodwood Festival of Speed ​​2022 dari 23 hingga 26 Juni 2022.

Baca juga: Polestar 2 siap meluncur di Australia pada Maret

Setelah merambah enam pasar baru sejak awal 2022, yakni Uni Emirat Arab, Kuwait, Hong Kong, Irlandia, Spanyol, dan Portugal, Polestar berencana memasuki Israel dan Italia pada pertengahan tahun ini, menambah jejak Timur Tengah dan Eropa.

Pada akhir tahun 2023, Polestar berencana untuk hadir secara agregat minimal 30 pasar secara global, sambil terus mengevaluasi peluang pasar baru untuk masa depan.

"Sudah terjual di 25 negara di seluruh dunia, Polestar memiliki posisi unik di pasar EV murni. Kami adalah perusahaan nyata, bukan berdasarkan janji tayangan slide. Lebih dari 55.000 mobil Polestar ada di jalan global hari ini dan kami meluncurkan portofolio menakjubkan dari tiga model baru hanya dalam tiga tahun," kata Thomas Ingenlath, CEO Polestar, dalam pernyataan resmi, Kamis.

"Asupan pesanan kami berada pada tingkat rekor dan saat ini mewakili laju berjalan tahunan lebih dari 75.000 kendaraan, menempatkan kami pada posisi yang kuat saat lanskap produksi menjadi normal," kata Kepala Penjualan Global Polestar Mike Whittington.

Menurut Mike, dengan kehadiran Polestar 3 dan Polestar 4, pihaknya siap memainkan peran utama dalam elektrifikasi segmen SUV premium yang menguntungkan dan cukup besar.

"Dengan kapasitas produksi 2025 untuk kedua EV ini diharapkan di atas 160.000 kendaraan per tahun, kami akan memiliki kemampuan untuk berkembang biak dengan cepat dan menarik pelanggan baru ke merek tersebut," jelasnya.

Polestar sekarang memiliki hampir 130 lokasi ritel yang dibuka di seluruh dunia dan mengharapkan 160 lokasi dibuka pada akhir tahun 2022.

Baca juga: Polestar pangkas perkiraan pengiriman 2022 di tengah penguncian China

Baca juga: Hertz beli puluhan ribu kendaraan listrik dari Polestar

Baca juga: Roadster listrik konsep Polestar O2 hadir dengan drone terintegrasi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022