Kunjungan Presiden Steinmeier peringati 70 tahun Indonesia-Jerman

Kunjungan Presiden Steinmeier peringati 70 tahun Indonesia-Jerman

Presiden Joko Widodo dan Presiden Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier melakukan penanaman pohon Cendana atau Santalum album di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (16/6/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut kunjungan Presiden Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier ke Indonesia untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Tahun ini, kita memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Jerman. Ini merupakan momentum bagi Indonesia-Jerman untuk memperkuat hubungan," kata Presiden Jokowi saat pertemuan bilateral yang dihadiri delegasi kedua negara di Ruang Oval, Istana Kepresidenan Bogor, Kamis.

Sebelum melakukan pertemuan bilateral dengan masing-masing delegasi yang membicarakan ekonomi bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier melakukan pertemuan tatap muka "tete-a-tete" (empat mata).

Baca juga: Jokowi dan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier tanam pohon cendana

"Saya mencatat berbagai rangkaian kegiatan perayaan 70 tahun, termasuk pameran seni kontemporer yang menggandeng Kelompok Seniman Indonesia Ruang Rupa yang akan dibuka Bapak Presiden Steinmeier," tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden Steinmeier dan rombongan Jerman di Indonesia.

"Tentunya ini merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan ini dan di pertemuan empat mata tadi kita sudah membahas banyak hal, baik mengenai hubungan Indonesia-Jerman maupun situasi dunia saat ini," ungkap Jokowi.

Baca juga: Menkes: Presiden dan tamu negara tetap pakai masker di dalam ruang

Hubungan Diplomatik Indonesia – Jerman dibuka secara resmi pada 25 Juni 1952 sehingga tahun ini kedua negara resmi memperingati 70 tahun pembukaan hubungan diplomatik.

Rombongan Presiden Steinmeier tiba pada Rabu, 15 Juni 2022, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan akan berada di Indonesia hingga 17 Juni 2022. Sebelumnya Presiden Steinmeier mengunjungi Singapura pada 13-15 Juni 2022.

Baca juga: Jokowi terima kunjungan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier

Fokus kunjungan kali ini untuk membicarakan investasi, perdagangan, transisi energi, dan kerja sama antara G20 dan G7 di mana Jerman menjadi Ketua G7 dan Indonesia memegang Presidensi G20 Tahun 2022.

Sebelum tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Steinmeier melakukan tabur bunga di Makam Presiden Ke-3 Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar