Jakarta (ANTARA) - Aktor Hollywood Kevin Spacey dijadwalkan hadir di pengadilan London, Inggris, untuk menghadapi dakwaan terkait empat tuduhan penyerangan seksual hari ini.

Dikutip dari AFP, Kamis, aktor berusia 62 tahun itu diperkirakan akan hadir di Pengadilan Westminster Magistrates mulai pukul 09:00 GMT atau 16.00 WIB. Sebelumnya, aktor pemenang Oscar itu secara resmi didakwa oleh polisi di ibukota Inggris pada Senin (13/6).

Baca juga: Kevin Spacey didakwa atas pelecehan seksual di Inggris

Kehadiran pertama di pengadilan sebagian besar bersifat prosedural, dengan jaksa membuat sketsa dakwaan dan hakim menetapkan jaminan. Tergugat biasanya tidak diwajibkan untuk mengajukan pembelaan formal pada tahap ini.

Laporan rinci mengenai tuduhan dibatasi untuk menghindari prasangka juri di persidangan. Namun polisi dan jaksa mengatakan dua dakwaan pertama penyerangan seksual terjadi pada Maret 2005 di London dan menyangkut laki-laki yang sama yang kini berusia 40-an.

Yang ketiga diduga terjadi di London pada Agustus 2008 terhadap seorang laki-laki yang kini berusia 30-an. Spacey juga didakwa menyebabkan seseorang melakukan aktivitas seksual tanpa persetujuan terhadap laki-laki yang sama.

Baca juga: Kevin Spacey kembali bekerja, dapat peran di film Italia

Kemudian tuduhan penyerangan seksual keempat diduga terjadi di Gloucestershire, Inggris barat, pada April 2013 terhadap laki-laki ketiga yang kini berusia 30-an.

Tuduhan terhadap Spacey muncul setelah gerakan #MeToo yang melihat banyak klaim penyerangan dan pelecehan seksual di industri film.

Kasus pada Spacey mendorong penyelidikan oleh Polisi Metropolitan London dan peninjauan kembali oleh teater The Old Vic tentang tanggung jawab aktor itu. Antara 2004 hingga 2015, Spacey merupakan direktur artistik teater The Old Vic di London.

Ini bukan pertama kalinya Spacey menghadapi tuduhan pelecehan seksual. Tuduhan terhadap Spacey pada 2017 menyebabkan ia tidak lagi membintangi musim terakhir serial "House of Cards". Dia juga dikeluarkan dari proyek film biografi Gore Vidal di Netflix dan pemeran John Paul Getty di film "All the Money in the World".

Setelah jaksa mengumumkan bahwa pihaknya telah mengesahkan dakwaan bulan lalu, Spacey mengatakan dia kecewa dengan keputusan itu. Namun Spacey mengatakan dalam sebuah pernyataan dia akan membuktikan dirinya tidak bersalah.

“Saya akan secara sukarela muncul di Inggris sesegera mungkin dan membela diri terhadap tuduhan ini, yang saya yakin akan membuktikan bahwa saya tidak bersalah,” katanya.


Baca juga: Pulang dari sidang, Kevin Spacey dihentikan polisi

Baca juga: Kevin Spacey bantah tuduhan pelecehan seksual

Baca juga: Kevin Spacey ditendang dari film terbarunya

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022