petugas ini Madinah-Mekkah lengkap semua, di mana-mana ada
Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji Indonesia menilai para petugas haji sangat membantu mereka dalam memberikan pelayanan pada musim ibadah haji 1443 H/2022 M.

"Saya kagum dengan petugas kita, petugas ini Madinah-Mekkah lengkap semua, di mana-mana ada," kata Antoni Hasdi (60) calon haji dari Embarkasi Padang (PDG) 1 di Mekkah, Kamis.

Antoni bahkan melihat tidak ada petugas haji dari negara lain, sedangkan Indonesia menerjunkan petugas haji bahkan tersedia posko baik di bandara saat kedatangan, di Madinah maupun di Mekkah.

"Malah petugas kita membantu jamaah negara lain yang saya lihat mereka kesulitan dengan pihak kepolisian, mereka yang bantu. Saya kagum itu," tambah Antoni dari Kota Padang.

Baca juga: Bumbu pecel dan rendang pengobat rindu jamaah haji di Tanah Suci

Antoni yang sudah menunggu 11 tahun untuk berhaji bersama istri, merasa terbantu karena petugas sigap dalam merespons dan melayani jamaah.

"Melihat adik kita yang muda-muda itu, dia bisa bahasa Arab juga, sehingga bisa nego juga dengan suatu negara yang mereka tidak paham sehingga mereka bantu. Inisiatif saya lihat, ini petugas kita tapi ini negara lain kok dia yang bantu tapi alhamdulillah petugas kita bagus-bagus, jumlahnya sangat cukup," ujar Antoni.

Juniar dari Embarkasi PDG 1 juga menyatakan petugas haji sangat responsif, ramah, selalu senyum dan sapa.

Baca juga: Jamaah haji puas dengan layanan di Mekkah

"Aduh enak senang. Senang seperti ketemu dengan anak, rasanya kita tidak sendiri," ujar Juniar.

Juniar mencontohkan misalnya petugas di lapangan yang memakai rompi hitam memberi tahu bus shalawat sesuai rute dari hotel ke Masjidil Haram dan menginfokan jamaah bahwa bus siaga selama 24 jam.

"Kami juga tanya kalau kami pingin ke suatu tempat dan pingin diantar biar tahu jalan apa bisa, mereka bersedia mengantar. Jadi mereka menenangkan, kami merasakan manfaatnya," katanya.

Pemerintah Indonesia menyiapkan petugas haji untuk melayani, membina dan melindungi jamaah calon haji Indonesia selama pelaksanaan ibadah haji.

Petugas haji tersebut tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terdiri dari petugas kesehatan, pembimbing ibadah dan petugas layanan lainnya.

Baca juga: 2.899 peziarah asal Indonesia ke Mekkah dari Madinah Kamis

Baca juga: Bus shalawat memudahkan jamaah calon haji beribadah di Masjidil Haram

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022