Jadi, menurut dia, di kawasan itu ada proses identifikasi, rehabilitasi, reedukasi, dan reintegrasi sosial.
Temanggung (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Perum Perhutani untuk membangun Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di lereng Gunung Sindoro, Jawa Tengah.

Penandatangan MoU yang berlangsung di kawasan Embung Bansari, Temanggung, Jawa Tengah, Kamis, itu dilakukan Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, Bupati Temanggung M. Al Khadziq, dan Kepala Departemen Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perhutani Divisi Regional Jateng Agus Priyantono.

Dedi Sambowo usai penandatanganan MoU menyampaikan program ini adalah implementasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, yang mewajibkan negara hadir, dalam hal ini BNPT, melaksanakan amanat undang-undang tersebut, yakni kesiapsiagaan nasional, kontraradikalisasi, dan deradikalisasi.

"Dalam deradikalisasi ini kami perhatian terhadap mitra eks napiter (narapidana terorisme) atau mitra deradikalisasi untuk bersama-sama dengan masyarakat lain membangun satu kawasan," katanya.

Mereka bergabung dengan masyarakat, disatukan untuk membangun fisik dan nonfisik. Di KTN nanti ada aspek ekonomi, pariwisata, dan aspek edukasi.

"Jadi, Jadi, menurut dia, di kawasan itu ada proses identifikasi, rehabilitasi, reedukasi, dan reintegrasi sosial." katanya.

Ia menyebutkan selain di Temanggung, KTN juga dibangun di Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Bupati Temanggung M.Al Khadziq menyampaikan penandatangan nota kesepahaman antara Pemkab Temanggung, Perhutani, dan BNPT sangat penting dan strategis karena tidak lepas dari rencana BNPT untuk membangun wilayah kawasan yang akan dimanfaatkan untuk pelaksanaan program deradikalisasi dalam sebuah KTN.

Khadziq menuturkan pembangunan kawasan ini merupakan upaya pemerintah untuk melakukan deradikalisasi berbasis pendekatan kesejahteraan. Sebab, untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan lebih aman tidak bisa hanya dilakukan pendekatan dengan kekuatan semata.

Ia menyampaikan perlu untuk mencegah sekaligus mendidik masyarakat dengan berbagai pendekatan untuk mencegah terorisme dengan pendekatan kesejahteraan.

"Pemkab Temanggung menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPT atas ditunjuknya Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung sebagai lokasi pembangunan KTN," katanya.

KTN di lereng Gunung Sindoro, di Desa Bansari tersebut menempati kawasan Perhutani dengan luas sekitar 10 hektare.

Baca juga: BNPT kenalkan deradikalisasi Kawasan Terpadu Nusantara ke Singapura

Baca juga: BNPT: KTN upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022