Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Tokyo ditutup lebih tinggi pada Kamis, dengan indeks acuan Nikkei menghentikan penurunan beruntun empat hari, karena sentimen terangkat oleh kenaikan Wall Street semalam menyusul pengumuman kenaikan suku bunga Federal Reserve AS yang tidak memberikan kejutan.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) bertambah 105,04 poin atau 0,40 persen, menjadi ditutup di 26.431,20 poin. Sementara itu Indeks Topix yang lebih luas naik 11,88 poin atau 0,64 persen, menjadi berakhir di 1.867,81 poin.

Pialang lokal mengatakan bahwa meskipun Fed pada Rabu (15/6/2022)m memutuskan untuk membuat kenaikan suku bunga terbesar sejak 1994 dengan kenaikan 0,75 poin persentase untuk memerangi inflasi, kenaikan itu sejalan dengan ekspektasi pasar.

Mereka menambahkan bahwa kenaikan suku bunga sebagian besar telah diperhitungkan setelah harga-harga konsumen Mei menunjukkan bahwa inflasi di ekonomi terbesar dunia itu tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Investor dan analis di sini mengatakan juga tertarik pada Ketua Fed Jerome Powell yang mengatakan pada konferensi pers bahwa kenaikan 0,75 poin adalah kenaikan yang luar biasa besar dan dia tidak melihat kenaikan berukuran serupa oleh Fed sebagai hal yang biasa.

Baca juga: Wall Street reli ditutup naik, Indeks Nasdaq melonjak 270,81 poin

Namun, dia mencatat bahwa kebijakan moneter agresif bank sentral dapat berdampak buruk pada situasi ketenagakerjaan negara itu.

"Investor membeli kembali saham di pagi hari karena lega bahwa pertemuan kebijakan berakhir tanpa kejutan besar," kata Ahli Strategi Ekuitas IwaiCosmo Securities Co, Toshikazu Horiuchi.

Namun terlepas dari kenaikan Kamis di sini, analis lokal tetap berhati-hati tentang pertumbuhan ekonomi AS ke depan dan mengatakan bahwa mereka memperkirakan volatilitas lanjutan di pasar.

"Ketidakpastian seputar kebijakan moneter AS dan prospek ekonomi belum hilang, dan volatilitas pasar kemungkinan akan tetap ada, jadi dalam lingkungan itu Anda tidak bisa hanya melompat kembali dan membeli saham," kata Manajer Dana Resona Asset Manajemen, Koji Toda.

Baca juga: Saham Asia menguat setelah Fed naikkan suku bunga menjinakkan inflasi

"Belum ada rindu baru," kata Toda.

Menyusul kenaikan awal pasar, kenaikan Indeks Nikkei dibatasi oleh penurunan saham teknologi, kata pialang. Pada penutupan perdagangan, saham pertanian dan perikanan, tekstil dan pakaian jadi, dan peralatan transportasi terdiri dari yang paling banyak naik.

Beberapa saham kelas berat Indeks Nikkei membantu mengangkat pasar yang lebih luas, dengan Fast Retailing, operator rantai toko pakaian Uniqlo, naik 1,4 persen, sementara Toyota Motor naik 2,9 persen dan Sony Group mengakhiri hari dengan 1,5 persen lebih tinggi.

Saham-saham transportasi dan terkait perjalanan mendapat dukungan menyusul pelonggaran kontrol perbatasan Jepang untuk memungkinkan lebih banyak turis asing kembali ke negara itu, dengan Keisei Electric Railway meningkat 2,2 persen. Begitu pula dengan biro perjalanan H.I.S. bertambah 2,6 persen, sementara agen daring Airtrip naik 4,0 persen.

Baca juga: IHSG menguat, ikuti kenaikan bursa global merespon keputusan The Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022