Sejauh ini Semen Baturaja sebagai BUMN telah memberikan konsistensi produk dengan capaian skor TKDN yang sangat memuaskan
Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja mencapai skor 99,87 persen untuk pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) melalui delapan produk yang didaftarkan dalam Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Direktur Utama PT Semen Baturaja Daconi di Baturaja, Kamis, mengatakan, delapan produk Semen Baturaja itu kini telah tersertifikat TKDN diantaranya, White Clay (skor 99,87 persen), Klinker (skor 97,62 persen), OPC Tipe V Curah (skor 92,78 persen), OPC Tipe I Curah (skor 92,59 persen).

Kemudian, Semen PCC Curah (skor 92,06 persen), OPC Tipe II Curah (skor 91,08 persen), OPC Tipe I Zak 50 Kg (skor 83,91 persen), dan Semen PCC Zak 50 Kg (skor 81,01 persen).

Ia mengatakan upaya ini dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memperkuat kemajuan industri dan produk-produk dalam negeri.

“Sejauh ini Semen Baturaja sebagai BUMN telah memberikan konsistensi produk dengan capaian skor TKDN yang sangat memuaskan,” kata dia.

Peningkatan penggunaan TKDN ini diharapkan mampu mengakselerasi tingkat produktivitas nasional demi mendukung pemulihan ekonomi pasca COVID-19.

Perseroan berkomitmen penuh untuk membangun dan mendukung industri dalam negeri sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi.

BUMN diharapkan menjadi pelopor peningkatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri yang telah menjadi prioritas pemerintah ke depan.

Terkait peningkatan TKDN ini pemerintah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) menargetkan pada tahun 2020 sebesar 43,3 persen naik menjadi 50 persen pada tahun 2024.

“Kami juga telah memberikan sosialisasi tentang TKDN kepada seluruh karyawan dalam optimalisasi P3DN BUMN dengan harapan skor TKDN di Semen Baturaja mampu meningkat lebih baik lagi,” kata dia.

Baca juga: Gelar RUPST, Semen Baturaja rombak susunan pengurus

Baca juga: Semen Baturaja andalkan digitalisasi jaga performa bisnis

Baca juga: Analis: Permintaan meningkat, kinerja Semen Baturaja diyakini positif

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022