Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi dan mulai bertugas memimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi mulai 28 Juni sampai 19 Juli 2022.

“Bapak Presiden sudah memberikan arahan kepada saya untuk menjadi Amirul Hajj untuk tahun ini, memimpin delegasi misi haji Indonesia,” ujar Menag dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji atau Amirul Hajj yang bertanggung jawab pada setiap negara.

Baca juga: 32.732 calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebagai Amirul Hajj, Menag Yaqut akan didampingi delegasi yang terdiri dari tiga orang naib (wakil), satu sekretaris, dan delapan anggota. Sebagian besar di antara mereka merupakan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

"Saya berterima kasih atas kesediaan bapak sekalian untuk memenuhi harapan kami, bergabung dalam delegasi Amirul Hajj tahun ini," kata Yaqut saat memimpin rapat persiapan pemberangkatan Amirul Hajj.

Pembentukan dan pemberangkatan Amirul Hajj, kata Yaqut, bertujuan membantu memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengelola dan menata manajemen penyelenggaraan ibadah haji, utamanya hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi.

Amirul Hajj juga menjadi representasi peran serta masyarakat. Ia berharap Amirul Hajj dapat menyapa, menggali masukan, dan berkomunikasi langsung dengan jamaah selama di Arab Saudi.

Baca juga: Kemenag pastikan layanan bus shalawat beroperasi 24 jam

Yaqut mengatakan pemerintah telah berupaya maksimal dalam mempersiapkan pelayanan bagi jamaah calon haji Indonesia. Namun demikian, pengawasan atas pelayanan yang diberikan petugas tetap harus dilakukan.

“Mungkin ini pengalaman pertama bagi jamaah melaksanakan ibadah haji atau bahkan mungkin banyak juga jamaah yang baru kali ini keluar Indonesia. Kita terus menekankan kepada para petugas di lapangan untuk serius dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah," kata dia.

Adapun daftar nama delegasi Amirul Hajj 1443 H/2022 M yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Amirul Hajj), Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi (Naib Amirul Hajj), perwakilan PBNU Muhammad Hilal Al Aidid (Naib Amirul Hajj), perwakilan Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman (Naib Amirul Hajj), dan Ali Hasan Bahar dari UIN Jakarta (Sekretaris).

Baca juga: Tim Kesehatan PPIH: Sejumlah calon haji punya riwayat hipertensi

Sementara anggotanya terdiri atas perwakilan MUI Arif Fachruddin, perwakilan Persatuan Islam Uyun Kamiluddin, perwakilan Al Washliyah Masyuri Khamis Ahmad Kasim, Faisol Nasar dari Al Irsyad, Nizar dari Kementerian Agama, Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung, Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kemenko PMK, dan Oscar Primadi dari Kemenkes.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022