Yogyakarta (ANTARA) - Furnitur merupakan barang yang esensial di dalam rumah tidak hanya dari segi fungsionalitas tapi juga memberikan sentuhan nuansa dengan warna dan juga tampilannya.

Salah satu bahan furnitur yang kini sering ditemukan di pasaran adalah kayu pinus yang masuk dalam kategori kayu solid namun dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Baca juga: IUIGA buka gerai ke-6 di Grand Indonesia, tawarkan "self checkout"

Namun terkadang ada keraguan terkait ketahanan produk furnitur berbahan kayu pinus karena sifatnya yang lebih lunak dibanding kayu solid lainnya misalnya seperti kayu jati.

Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) furnitur Uwitan asal Yogyakarta, Aji Akbar Titimangsa, membagikan beberapa keunggulan furnitur berbahan kayu pinus agar anda tak lagi ragu untuk membeli produk tersebut.

Menurut Aji alasan pertama furnitur berbahan pinus layak menjadi pilihan untuk mengisi rumah karena perawatannya yang mudah.

"Untuk menjaganya agar tetap awet mudah, dibersihkan seperti biasa saja dari debu atau kotoran. Apalagi untuk furnitur yang berinteraksi rutin setiap hari sama pemilik rumah tentunya akan sering dibersihkan dan tidak sulit perawatannya," kata Aji.

Baca juga: KANA Furniture buka gerai baru berkonsep hemat energi

Keuntungan selanjutnya dari menggunakan furnitur berbahan kayu pinus adalah ketahanannya untuk penggunaan jangka panjang lebih baik dibandingkan dengan kayu hasil pabrikasi.

Meski berkaraktersitik kayu lunak, namun furnitur berbahan pinus memiliki ketahanan serupa dengan kayu solid lainnya seperti kayu jati dan mahoni.

"Selama ini digunakan untuk penggunaan pribadi di dalam rumah dan rutin dirawat, kami yakinkan bahwa furnitur ini bisa tahan lama bahkan sampai puluhan tahun jika dibandingkan dengan furnitur yang dibuat dari kayu press atau hasil pabrikasi," ujar Aji.

Selain itu,dengan karakterstiknya yang merupakan kayu lunak tentu membuat furnitur kayu pinus lebih ringan.

Ini menjadi keunggulan ketiga dari furnitur pinus karena lebih mudah dipindahkan dan tentunya ini cocok untuk anda yang gemar mengubah dan mengatur suasana rumah.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, furnitur pinus khususnya yang dibuat oleh perajin UMKM di Tanah Air kini layak menjadi salah satu opsi untuk mengisi kehangatan di rumah anda.


Baca juga: Meja makan bisa bawa rezeki untuk rumah baru

Baca juga: Lima ide ciptakan area hobi di rumah

Baca juga: Dekoruma ajak masyarakat wujudkan rumah impian secara bertahap

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022