Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria optimis "Jakarta Creative Festival" (Jakreatif) 2022 mampu mendongkrak daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ibu Kota untuk memajukan pemulihan ekonomi nasional.

"Kegiatan ini dapat memberikan dampak nyata dan memotivasi pelaku UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata untuk berkembang," kata Riza saat membuka Jakreatifest 2022 di Sarinah, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jakpreneur latih warga Kepulauan Seribu olah sukun jadi produk modern

Riza mengharapkan Jakreatifest yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta itu mendorong pertumbuhan investasi dan pengembangan pelaku UMKM di Jakarta.

Ia meyakini kolaborasi Pemprov DKI dengan Bank Indonesia akan mendorong pemulihan ekonomi masyarakat melalui program Jakpreneur yang mempertemukan pelaku UMKM dengan dunia usaha dan pihak lain untuk terus berkembang.

Pemprov DKI, kata dia, menggandeng 120 kolaborator dalam wadah Jakpreneur guna memajukan pelaku UMKM di Ibu Kota.

Hasilnya, kata dia, dari target 200 ribu wirausaha baru pada 2017-2020, tercatat melampaui target mencapai 281.812 wirausaha baru di Jakarta yang terdaftar di Jakpreneur.

Sejumlah terobosan juga dilakukan bagi UMKM di antaranya membantu perizinan yang saat ini sebanyak 150 ribu usaha mikro kecil sudah mengantongi izin.

Baca juga: Bazar Kelapa Gading Timur pasarkan fermentasi bawang putih Jakpreneur

Selanjutnya, lanjut dia, Pemprov DKI juga mendorong program pemasaran melalui program e-Order yakni belanja APBD langsung melalui UMKM secara digital.

Kemudian, akses permodalan, promosi media sosial, hingga penyediaan kios bagi Jakpreneur.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan melalui Jakreatifest 2022 pihaknya mengadakan pelatihan sertifikasi halal kepada 30 pelaku UMKM dan 380 UMKM yang berorientasi ekspor dan digital dengan menggandeng lapak digital.

Selain itu, juga mempertemukan pelaku UMKM dengan dunia usaha, seminar terkait perlindungan konsumen, dan diskusi soal industri kreatif bidang musik, fesyen, industri halal dan pariwisata.

"Kami mendukung penyediaan peluang dan ruang untuk UMKM berkualitas, berkapasitas dan naik kelas," ucapnya.

Baca juga: Anies berharap JakCloth X Hijabmarket 2022 percepat kebangkitan UMKM

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022