Kita belajar dari Korea Selatan terkait IT yang sudah lebih maju
Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Republik Korea melalui Menteri Dalam Negeri dan Keamanan (Minister of The Interior and Safety/MOIS) Republik Korea, Lee Sang-min pada bidang teknologi informasi atau "information technology" (IT).

"Kita belajar dari Korea Selatan terkait IT yang sudah lebih maju dan kita berharap Pemerintah Korea juga memberikan pengalaman dan bantuan atau kerjasama yang bisa memperkuat pelayanan Mal Pelayanan Publik (MPP)," kata Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif, Noviana Andrina di Jakarta, Kamis.

Baca juga: DPMPTSP DKI hadir di Jakarta Fair beri layanan asistensi perizinan

Selain menjalin kerja sama, tujuan kunjungan kerja dari Pemerintah Korea tersebut untuk melihat fasilitas dan pencapaian kinerja Mal Pelayanan Publik DKI Jakarya serta berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Kerja sama antara Pemerintah Korea dan Pemprov DKI itu difasilitasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) yang nantinya akan mengembangkan teknologi digital yang dimiliki oleh Mal Pelayanan Publik.

Sementara itu, menurut Plt. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari berharap kerja sama ini bisa mendapat dukungan untuk mempercepat pelayanan, mempermudah pelayanan teknologi terutama pelayanan publik.

Baca juga: DPMPTSP DKI hadirkan layanan perizinan di mal

Vera menyebutkan kalau kerjasama dengan pemerintah Korea ini sudah dimulai sejak adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang berbasis digital beberapa tahun lalu.

Perwakilan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegaskan kalau kunjungan kerja ini merupakan kerjasama pemerintah bukan untuk pembahasan bilateral.

"Kalo sekarang kita sharing dulu, Korea punya apa, kita punya apa nanti dikembang lanjuti kedepannya," tutur Vera.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh 16 delegasi Pemerintah Republik Korea, Plt. Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari, Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif, Noviana Andrina, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra.

Baca juga: Kolaborasi pemerintah dan usaha pulihkan ekonomi lewat JIF 2021

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022