Kami menunggu kelahiran pemain Papua sekelas Rully Nere dari Papua Football Academy
Jakarta (ANTARA) - Papua Football Academy (PFA) melanjutkan pencarian bakat dan talenta putra-putra Papua kelahiran 2009 di Merauke, setelah sukses menggelar pencarian bakat di Timika, Papua, pada 11-12 Juni 2022.

"Setelah mendapatkan talenta-talenta hebat di Timika, kini giliran putra Merauke yang berkesempatan unjuk kemampuan," kata Direktur Teknik PFA Wolfgang Pikal, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Rombongan PFA Cari Bakat telah tiba di Kota Merauke, Rabu (16/6), dan langsung berkesempatan bertemu Bupati Merauke Romanus Mbaraka di Bandara Mopah.

Baca juga: Ratusan pemain Belia Timika ikuti pencarian bakat PFA

PFA Cari Bakat Merauke akan digelar di Stadion Universitas Musamus pada Sabtu dan Minggu (18-19 Juni 2022) mulai pukul 08.00 WIT.

Peserta adalah remaja kelahiran 1 Januari hingga 31 Desember 2009, saat ini berada di kelas VII SMP, fisik dalam keadaan sehat, dan berminat bergabung dan tinggal dalam asrama PFA di Timika.

Sementara itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka memberikan dukungan penuh dan harapan akan suksesnya program PFA di Merauke, sekaligus senang bisa kembali bertemu Rully Nere, legenda sepak bola Indonesia sekaligus penasihat PFA.

"Kami menunggu kelahiran pemain Papua sekelas Rully Nere dari Papua Football Academy. Program yang sangat baik karena tidak meninggalkan pendidikan formal bagi siswanya," kata Romanus.

Program PFA adalah inisiasi dan salah satu komitmen investasi sosial PT Freeport Indonesia untuk membantu mengembangkan sumber daya sepak bola Papua.

Baca juga: Papua Football Academy lakukan pencarian pemain muda berbakat

Selain skill sepak bola secara individu, aspek penilaian lain adalah menyangkut taktik bermain, kondisi fisik, personalitas, mentalitas, dan kemampuan menyerap instruksi pelatih.

Peserta yang lolos akan melanjutkan proses tes psikologi, tes potensi genetik berbasis analisis sidik jari, dan tes kesehatan.

"Kami siap membantu PFA menggelar pencarian bakat di Kota Merauke. Merauke selalu memiliki banyak anak berbakat sepak bola dengan tubuh yang ideal," kata Ketua Umum Askab PSSI Merauke Viktor Ohoiwutun.

Masyarakat di Kota Merauke juga diajak untuk mendukung program PFA Cari Bakat sekaligus bisa mengikuti lomba foto berhadiah total 25 juta rupiah untuk 10 pemenang dari tiga kota, yakni Timika, Merauke, dan Jayapura.

Foto kegiatan PFA Cari Bakat harus diposting di akun Instagram masing-masing dengan tagar #PFACARIBAKAT.

Baca juga: Pencarian bakat Papua Football Academy dimulai

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022