Siap mendukung untuk tujuan mengurai macet Puncak
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan menyambut baik wacana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jalan tol dari Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) hingga ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Siap mendukung untuk tujuan mengurai macet Puncak. Kalau (rencana) yang lama kan kita (membangun) Puncak Dua dan pelebaran (Jalan Puncak) ya, tapi mungkin ada solusi baru yang lebih efisien dan efektif," ungkapnya usai Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria di Sentul, Bogor, Jabar, Kamis.

Meski begitu, menurutnya, Kementerian PUPR belum menginformasikan secara resmi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengenai wacana membangun jalan tol dari Caringin hingga Gunung Mas, Cisarua, Puncak itu.

"Saya belum dapat informasi suratnya. Yang baru kita diskusikan dengan tim percepatan itu kita harus apa dengan adanya rencana itu. Kita ada tugas apa atau menyosialisasikan pembebasan lahan yang akan dilewati atau yang lain," kata Iwan.

Ia memastikan bahwa rencana pembangunan jalan tol itu tidak akan menurunkan semangat Pemkab Bogor untuk merealisasikan pembangunan Jalur Puncak II. Karena membangun Jalur Puncak II bukan hanya untuk mengurangi kemacetan di Jalan Raya Puncak, tapi juga untuk mengembangkan kawasan di Kecamatan Sukamakmur dan sekitarnya.

"Sukamakmur itu butuh akses untuk mobilitas warga. Lebih ke pengembangan kawasan juga kalau Puncak II itu, tidak semata-mata mengurangi kemacetan di Puncak saja. Karena minim akses, IPM Sukakamur itu paling rendah di Kabupaten Bogor. Tapi, kalau (bangun Jalan Puncak II) menggunakan APBD ya agak berat," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebutkan pembangunan jalan tol adalah solusi terbaik yang mungkin dilakukan untuk menangani kemacetan di kawasan Puncak.

Menurutnya, pemerintah berencana untuk melakukan pembangunan jalan bebas hambatan alias jalan tol dari Caringin menuju Puncak dengan total panjang 18 kilometer. Rutenya, mulai dari Caringin-Cisarua-Gunung Mas.

Baca juga: Menteri PUPR minta pengawasan dioptimalkan selesaikan Tol Cisumdawu
Baca juga: BPJT: Tiga ruas jalan tol siap diresmikan dalam waktu dekat
Baca juga: 32.000 kendaraan diprediksi lintasi Tol Bocimi di puncak arus balik

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022