Jakarta sebagai showcase produk UMKM dan window market dari luar harus terus diperkuat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyakini seluruh produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ditampilkan dalam acara Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) 2022 berkualitas serta berkelas setelah melalui proses kurasi maupun seleksi ketat.

"Hal ini sebenarnya yang dibutuhkan UMKM, di mana produknya dikurasi dengan baik," kata Menkop setelah pembukaan JaKreatiFest 2022 di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis.

Ia mengharapkan peran Jakarta sebagai showcase produk UMKM dari 34 provinsi diperkuat dengan memberikan kesempatan lebih besar terhadap pelaku usaha di sektor tersebut dalam pelbagai pameran dan semacamnya.

"Jadi, Jakarta sebagai showcase produk UMKM dan window market dari luar harus terus diperkuat," ucap Teten.

Begitu pula dengan daerah-daerah selain Jakarta yang diharapkan mengadakan kegiatan semacam JaKreatiFest 2022 guna mengembangkan produk UMKM.

Lebih lanjut, Teten mengapresiasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menyiapkan ekosistem bisnis bagi UMKM agar naik kelas dengan menghelat JaKreatiFest 2022.

Teten optimis acara tersebut dapat memacu pelaku UMKM untuk meningkatkan kreatifitas serta mengembangkan inovasi model bisnis.

Upaya pengembangan UMKM juga dapat semakin terdongkrak jika diberikan dukungan pendampingan terus-menerus dan akses pembiayaan maupun akses pasar.

"Saya kira kalau UMKM diberikan ruang usaha seperti di Sarinah dan di mal-mal kelas atas, UMKM saya kira bisa bertumbuh," ungkap dia.

Baca juga: Teten optimis JaKreatiFest 2022 pacu UMKM tingkatkan kreatifitas
Baca juga: Teten: Produk kosmetik lokal tak kalah dibanding luar negeri
Baca juga: Teten harap pasar dalam negeri tak diserbu produk asing


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022