Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pangkalpinang memprakirakan tinggi gelombang di perairan Provinsi Bangka Belitung mencapai 3,5 meter.

Prakiraan itu berlaku selama 24 jam mulai Kamis (26/1) pukul 07.00 WIB, kata Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang Slamet Supriyadi di Pangkalpinang, Rabu. .

"Kami mengimbau nelayan tradisional dan nahkoda kapal untuk berhati-hati karena tinggi gelombang yang mencapai 3,5 meter membahayakan keselamatan kapal," katanya.

Ia menjelaskan, tinggi gelombang di perairan Selat Karimata rata-rata berkisar 1,0 hingga 3,5 meter, kecepatan angin dari barat hingga utara mencapai 11 hingga 41 km per jam.

Tinggi gelombang Selat Gelasa rata-rata berkisar 1,0 hingga tiga meter, arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 13 hingga 37 km per jam.

Demikian juga, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian Utara rata-rata berkisar 1,0 hingga 3,0 meter, arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 11 hingga 37 km per jam.

Sementara itu, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka bagian utara rata-rata berkisar 1,0 hingga 2,5 meter, dengan arah kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 10 hingga 35 km per jam.

Demikian juga tinggi gelombang di perairan Selatan Bangka rata-rata berkisar 1,0 hingga 2,5 meter, arah kecepatan angin dari barat hingga utara laut berkisar 11 hingga 35 km per jam.

"Kami mengimbau nelayan dan nahkoda kapal untuk meningkatkan kewaspadaan, karena cuaca di perairan masih memburuk karena pengaruh awan Cumulonimbus yang menimbulkan angin kencang sehingga menambah tinggi gelombang di perairan daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan, tinggi pasang air laut maksimum di perairan Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,27 meter, tinggi pasang air laut di perairan Belinyu Kabupaten Bangka berkisar 1,85 meter, perairan Sungailiat Kabupaten Bangka 2,51 meter dan perairan Tanjung Pandan Kabupaten Belitung 1,72 meter.

Tinggi pasang air laut maksimun di perairan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, berkisar 1,98 meter, perairan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, 1,84 meter, perairan Kelapa Kampit. Kabupaten Belitung Timur, berkisar 1,65 meter.

Ia juga menambahkan, daratan Pulau Bangka berawan berpeluang hujan ringan hingga sedang, dengan arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 8 sampai 25 km per jam, suhu udara 23 sampai 30 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 60 sampai 95 persen.

Daratan Pulau Belitung berawan berpeluang hujan ringan hingga sedang, dengan arah dan kecepatan angin dari barat hingga utara berkisar 10 sampai 34 km per jam, suhu udara berkisar 22 sampai 30 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 70 sampai 96 persen.
(T.KR-WRA/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012