Jakarta (ANTARA) - Ratusan kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka digembleng untuk bangun pagi dan melakukan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita).

Ratusan kepala daerah itu melakukan senam Sicita, di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat pagi, seperti dikutip dalam siaran persnya.
​​​​
Tampak dari pantauan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga.

Selain Ganjar dan Gibran yang mengikuti senam Sicita, antara lain, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Ganjar tampak mengenakan kaus hitam dengan lambang banteng, sedangkan Gibran memakai jersey biru Manchester City.

Bobby tampak mengenakan jaket merah, sementara Tjok Oka mengenakan baju dengan warna yang sama.

Eriko menyampaikan bahwa Ketua Umum Megawati mengajarkan para kader untuk bergerak halus. Dan senam Sicita ini pun harus dijalani dengan halus.

"Seperti yang disampaikan Ibu Ketum yang ditegaskan Pak Sekjen, kita harus bergerak halus, soft campaign," kata Eriko dalam siaran persnya.

Senam Sicita ini pun dilaksanakan sebanyak tiga putaran. Eriko menerangkan angka itu menandakan bahwa PDIP akan memenangkan Pemilu tiga kali berturut-turut.

"Kita mau hattrick tiga kali di Pemilu 2024. Merdeka," tegas dia.
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama ratusan kepala daerah dan wakil kepala daerah melakukan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022). ANTARA/HO-PDIP


Sementara itu, Hasto Kristiyanto menambahkan gerakan Sicita ini berdasarkan kajian Kementerian Pemuda dan Olah Raga layak dikategorikan sebagai senam.

"Karena dinyatakan menggerakkan otot-otot besar. Nah, otot-otot besar itu yang mana saja, silakan bayangkan sendiri," kata Hasto disambut tawa para peserta senam.

Hasto juga menilai apabila kepala dan wakil kepala daerah melaksanakan secara rutin senam ini, maka semangat dan daya juang akan bertambah.

Pria asal Yogyakarta itu menilai tahapan pemilu, seperti Pileg, Pilpres, dan Pilkada akan mudah dilalui.

"Kalau olahraga ini dilakukan, kita bisa mengikuti setiap tahapan pemilu tanpa mengenal lelah," jelas Hasto.

Baca juga: Ratusan kepala dan wakil kepala daerah PDIP teken surat komitmen

Baca juga: Hasto: Kepala daerah dari PDIP harus peka keadaan global

Baca juga: Sekjen PDIP sindir parpol yang ingin bajak kader parpol lain

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022