Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, menggelorakan Visi Indonesia Emas 2045 yang merupakan gagasan Indonesia menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur pada HUT Ke-100 Indonesia.

Visi Indonesia Emas 2045, kata Sigit, akan terwujud dengan sinergi dan soliditas seluruh elemen Bangsa Indonesia, seperti yang terjadi dalam acara Bakti Kesehatan Polri di titik nol IKN, Kalimantan Timur, yang diikuti seluruh elemen bangsa mulai organisasi kepemudaan (OKP), mahasiswa, serikat pekerja atau buruh, unsur pemerintahan, dan aparat keamanan.

“Tentunya semangat ini terus kita gelorakan di titik nol. Kita memandang ke depan bahwa Indonesia akan menjadi lebih baik. Untuk bisa mencapai visi kita menuju Indonesia Emas 2045," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Baca juga: Kapolri mengajak pers suarakan persatuan kesatuan jelang Pemilu 2024

Dalam kesempatan itu, Sigit menyaksikan penandatanganan komitmen bersama elemen bangsa, yakni pemuda, mahasiswa, dan buruh untuk bersama-sama mengawal dan menuntaskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Hari ini hampir seluruh elemen bangsa, dari organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, dan sebagian besar serikat pekerja atau buruh ikut hadir menjadi komitmen kita bahwa dengan adanya komitmen penandatanganan merupakan wujud dukungan untuk keberlanjutan pembangunan IKN," ujarnya.

Menurut jenderal bintang empat itu, penandatanganan bersama elemen bangsa merupakan komitmen generasi penerus bangsa agar melanjutkan semangat dan cita-cita pembangunan IKN.

Baca juga: Kapolri beri penghargaan anggota berprestasi di SEA Games 2021

Ia mengatakan pembangunan IKN akan memakan waktu panjang dan seluruh elemen bangsa akan mengawal kebijakan tersebut sampai tuntas, dari generasi kini hingga generasi masa depan.

“Di sini, kapolri, pangdam, kapolda, dan pejabat utama akan mengawal kebijakan ini. Selanjutnya rekan-rekan generasi muda inilah yang melanjutkan dan mengawal sampai tuntas. Karena mungkin saja nanti di antaranya rekan-rekan kita akan menjadi pemimpin nasional pada tahun 2045. Jadi tanggung jawab untuk melanjutkan kami titipkan kepada rekan-rekan semua," kata Sigit.

Baca juga: Kapolri sebut Korps Brimob hadir berikan pelayanan terbaik

Polri melaksanakan Bakti Kesehatan menyambut HUT Ke-76 Bhayangkara di titik nol kilometer IKN, Kalimantan Timur. Acara tersebut dilaksanakan serentak di 34 provinsi di Tanah Air.

Dalam acara tersebut dilaksanakan operasi bibir sumbing dan lelangit yang memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan catatan peserta terbanyak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, tenaga kesehatan yang tergabung dari berbagai instansi. Saya melihat ada teman-teman OKP dan organisasi mahasiswa. Ini merupakan wujud sinergi dan soliditas dari kita semua untuk masyarakat. Khususnya yang saat ini membutuhkan perbaikan-perbaikan terkait kesehatan," ujar Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022