Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat berharap Pemerintah Provinsi DKI bisa menyediakan tempat penyimpan logistik Pemilu 2024.

"Sebetulnya, ada gedung serba guna yang berada di kompleks Perumahan Permata Buana, Kembangan. Namun saya rasa itu belum cukup memadai di Jakarta Barat," kata Ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KPU Jakbar lakukan sosialisasi pendaftaran peserta pemilu

Menurut Cucum, pihaknya memerlukan gedung khusus untuk menyimpan beragam logistik, terutama kotak suara dan surat suara.

Pasalnya, Jakarta Barat memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak kedua setelah Kota Jakarta Timur.

Tercatat ada 1.781.301 orang yang terdaftar sebagai DPT dengan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) sebanyak 6.730 yang tersebar di delapan wilayah kecamatan.

Baca juga: Partai Buruh berharap KPU memberantas politik uang di Pemilu 2024

Cucum pun berharap pemerintah bisa memberikan gedung atau ruangan khusus agar kotak suara dan surat suara bisa disimpan dengan aman.

"Mengingat mepetnya waktu penyelenggaraan Pemilu Presiden sampai ke Pilkada DKI Jakarta perlu ekstra tempat untuk menaruh kotak suara," ujar dia.

Cucum menyebutkan tempat penyimpanan logistik Pemilu tidak harus gedung, namun bisa juga bangunan seperti gelanggang olah raga (GOR) yang dapat digunakan hingga pelaksanaan tahapan pemilu selesai.

Baca juga: Massa buruh mulai datangi gedung KPU

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022