Bogor, Jawa Barat (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Alumni Kartu Prakerja untuk ikut berperan aktif menjaga produktivitas bangsa di tengah ancaman segala situasi ketidakpastian global.
 
Hal itu disampaikan Presiden saat menghadiri Silaturahmi Alumni Kartu Prakerja, Temu Raya #KitaPrakerja, di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.
 
"Karena memang situasi dunia sekarang ini bukan situasi gampang, semua negara mengalami kenaikan inflasi, semua negara mengalami kenaikan harga pangan, semua negara mengalami kenaikan harga BBM. Semuanya, sehingga saya titip kita semua harus produktif, harus produktif," kata Presiden dalam pidato arahannya.

Baca juga: Presiden dijadwalkan sampaikan bansos dan temui alumni kartu prakerja
 
Untuk itu, Presiden mengingatkan bahwa angkatan kerja di Indonesia harus terus melakukan "upscalling" dan "rescalling" yang disebutnya menjadi kunci kemajuan negara.
 
"Kuncinya kemajuan negara ini adalah di sumber daya manusia, bukan SDA (sumber daya alam, red.). SDA banyak kalau SDM tidak mendukung tidak ada artinya. Tapi kalau SDA ada dan didukung SDM yang baik, seperti yang ada di kanan kiri saya ini, maka nanti akan membuat negara ini maju," katanya merujuk empat alumnus Kartu Prakerja yang diundang Presiden naik panggung menceritakan pengalaman masing-masing.
 
Presiden mengapresiasi temuan survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa 88,9 persen penerima Kartu Prakerja mengaku program tersebut berhasil meningkatkan keterampilan mereka.

Baca juga: Alumni Kartu Prakerja berdatangan di Sentul untuk acara temu raya
Baca juga: Airlangga apresiasi kemauan belajar alumni Kartu Prakerja di DIY
 
Jokowi mengapresiasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Cipta Kerja Airlangga Hartarto yang turut hadir langsung dalam acara tersebut bersama Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Cipta Kerja.
 
"Ini yang harus saya apresiasi, Pak Menko beserta seluruh tim dan kita harapkan terus dievaluasi, dikoreksi, diperbaiki, masukan-masukan saya kira banyak diterima. Tadi bagus, yang harus didampingi saya kira juga baik," ujarnya.
 
Silaturahmi Temu Raya #KitaPrakerja, dihadiri 8.000 Alumni Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia
 
Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022