Bapak, saya jauh-jauh dari Ende masa tidak dapat apa-apa.
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo membagikan sepeda dan laptop kepada empat alumnus peserta Kartu Prakerja saat menghadiri Silaturahmi Alumni Penerima Kartu Prakerja di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Presiden memberikan sepeda dan laptop sebagai hadiah kepada para alumnus setelah keempatnya diajak berbincang mengenai manfaat dan usulan Kartu Prakerja.

Awalnya, Presiden memberikan hadiah sepeda kepada Sandi Noviandi Samiaji, salah satu alumnus penerima Kartu Prakerja yang berasal dari Bogor.

Setelah memberikan usulan soal pelatihan, Sandi menyinggung tidak berharap mendapatkan sepeda karena merasa sudah bersyukur bertemu dan berbincang langsung dengan Presiden Joko Widodo.

"Tadi minta sepeda, saya beri sepeda Anda. Yang lain enggak minta, ya, saya diam," kata Presiden berkelakar, seperti disaksikan melalui akun YouTube Kartu Prakerja di Jakarta, Jumat.

Aksi Presiden membagikan sepeda tersebut, sontak membuat alumnus lainnya juga meminta sepeda, seperti yang diutarakan Pudensia, alumnus Penerima Kartu Prakerja dari Ende, Flores.

"Bapak, saya jauh-jauh dari Ende masa tidak dapat apa-apa," ujar Pudensia yang dipanggil Dea.

Di akhir diskusi, Presiden akhirnya menawarkan kembali sepeda kepada para alumnus.

Alumnus lainnya, Ida dari Brebes, Jawa Tengah, langsung menyambut penawaran Presiden tersebut.

"Kebetulan ada pesanan dari anak, katanya kalau ketemu Bapak Jokowi minta dibelikan sepeda, Pak," kata Ida.

Presiden pun mengiyakan permintaan Ida. Namun, lain halnya dengan Pudensia, yang sempat ingin mendapatkan sepeda, dia justru meminta laptop dari Presiden.

"Bapak, saya karena laptop saya rusak, saya boleh minta laptop Bapak?"

"Laptop? Oke saya lulusin, tetapi yang laptop saya enggak bawa. Nanti sore ini atau besok pagi sudah bisa diterima. Insyaallah," kata Jokowi.

Saat Presiden bertanya pada alumnus peserta terakhir, Niam Muzaki, dia malah meminta motor untuk bekerja. Hal itu tak langsung disetujui dan membuat Presiden geleng-geleng kepala.

Setelah berkali-kali Presiden bertanya, "Mau minta apa?"

Akhirnya Niam menjawab ingin sepeda untuk istrinya.

Di akhir sambutan, Presiden menyinggung tidak ada satu pun alumnus yang menginginkan jaket merah bertuliskan "G20" yang dipakainya.

"Tiga sepeda keluarkan. Terima kasih semua. Saya pikir tadi ada yang minta jaket saya, ternyata enggak ada, selamat jaket saya," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak Alumni Kartu Prakerja harus produktif

Baca juga: Jokowi geleng kepala alumni Kartu Prakerja minta motor

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022