Sebanyak 130 calon haji yang diberangkatkan tersebut terdiri 55 laki-laki dan 75 perempuan. Mereka berasal empat kecamatan di Kota Lhokseumawe
Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh menyatakan sebanyak 130 calon haji asal daerah dari itu diberangkatkan ke Tanah Suci di Arab Saudi melalui Embarkasi Banda Aceh.

Kepala Kantor Kemenag Kota Lhokseumawe Zulkifli Idris di Lhokseumawe, Jumat, mengatakan jamaah calon haji asal Kota Lhokseumawe tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Banda Aceh.

"Calon haji asal Lhokseumawe yang diberangkatkan ke Tanah Ssuci tahun ini sebanyak 130 orang. Mereka diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar," katanya.

Selain jamaah calon haji asal Kota Lhokseumawe, kloter 4 Embarkasi Banda Aceh juga ada jamaah calon haji dari Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Utara.

"Sebanyak 130 calon haji yang diberangkatkan tersebut terdiri 55 laki-laki dan 75 perempuan. Mereka berasal empat kecamatan di Kota Lhokseumawe," katanya.

Ia mengatakan kuota haji Kota Lhokseumawe pada 2022 mengalami penurunan hingga setengah. Tahun-tahun sebelumnya, kuota haji Kota Lhokseumawe mencapai 300 orang.

Hingga saat ini, masyarakat Kota Lhokseumawe yang masuk dalam daftar tunggu haji mencapai 6.000 orang. Dengan jumlah tersebut, membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk daftar tunggu haji.

Ia mengimbau calon haji asal Kota Lhokseumawe agar menjaga kesehatan serta fisik selama menjalani ibadah haji, sehingga bisa melaksanakan rangkaian ibadah di tanah suci.

"Jaga kesehatan serta banyak istirahat karena melaksanakan rangkaian ibadah haji membutuhkan fisik yang sehat. Dan terpenting, banyak minum air guna mencegah dehidrasi," demikian Zulkifli Idris.

Baca juga: Farah Fazira, jamaah haji termuda Aceh asal Lhokseumawe

Baca juga: Setelah dua kali tertunda, jamaah kloter tiga Aceh ke Tanah Suci

Baca juga: Tiga calon haji Aceh batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit

 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022