Makassar (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX (LLDIKTI IX) menerima penghargaan terbaik kedua sebagai pengelola Program Indonesia Pintar (PIP) Kuliah (K) 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penghargaan ini diberikan pada malam Apresiasi Pengelola PIP Terbaik Tahun 2021 yang diselenggarakan pertama kali oleh Pusat layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek sebagai bentuk penghargaan atas layanan mitra utama PIP.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Drs Andi Lukman MSi dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, mengatakan penghargaan ini merupakan buah hasil kerja tim pengelola KIP Kuliah LLDIKTI IX.

"Selama ini kami melayani anak bangsa yang tidak berkecukupan untuk SDM Indonesia Unggul. Penghargaan ini pastinya akan lebih memacu semangat tim untuk lebih baik lagi,” ucapnya.

Baca juga: Mendikbud sebut penyaluran PIP pada 2020 lebih cepat dan lancar

Baca juga: Bantuan Program Indonesia Pintar sudah disalurkan ke 18,1 juta siswa


PIP merupakan program pemerintah yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan hingga kuliah di perguruan tinggi.

Program ini wujud dari kepedulian pemerintah dengan memberikan beasiswa atau bantuan berupa uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik, mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin /rentan miskin dan memiliki prestasi akademik untuk mendapatkan biaya pendidikan hingga mengapai cita-cita masa depan yang gemilang.

Selain itu program ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa afirmasi (asal Papua dan Papua Barat serta 3T dan TKI) dan mahasiswa yang terkena bencana, konflik sosial serta kondisi khusus.

Adapun penerimaan penghargaan terbaik pertama pengelolaan PIP Tahun 2021 adalah LLDIKTI Wilayah VI dan terbaik ketiga diterima oleh LLDIKTI Wilayah VIII.*

Baca juga: Nadiem tegaskan PIP dan KIP Kuliah masih dikelola Kemendikbud

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022