Ada hal-hal yang hari pertama kehamilan ibu dan anak itu harus sehat, harus makan makanan yang bergizi.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau kepada para ibu hamil untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi demi mencegah terjadi kasus kekerdilan pada anak atau stunting.

"Ada hal-hal yang hari pertama kehamilan ibu dan anak itu harus sehat, harus makan makanan yang bergizi. Jangan sampai kemudian tidak makan makanan bergizi," kata Puan dalam acara "Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat", di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan (PDIP), Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu.

Menurut Puan, apabila kebutuhan gizi ibu hamil tidak terpenuhi dengan baik, hal tersebut dapat menyebabkan bayinya mengalami stunting.

Lebih lanjut, Ketua DPP PDIP ini membagikan pengalamannya saat bertemu dengan seorang ibu di Magetan, Jawa Timur yang mengalami kekurangan gizi, sehingga anaknya pun terlahir dengan mengalami stunting.

"Kemarin, saya baru pulang dari Jawa Timur. Salah satunya, saya ke Magetan bertemu dengan ibu-ibu yang ibunya kekurangan gizi, sehingga anaknya stunting masih bayi. Ditanya Bu, kenapa bisa sampai kekurangan gizi, dia jawab waktu hamil asupan gizinya kurang, muntah-muntah terus, mual, sehingga ibunya menjadi kurus banget sampai terlihat tulangnya. Ya itu, kelihatan anaknya pun kecil banget karena kekurangan gizi," kata Puan.

Melalui kisah itu, Puan berharap para ibu hamil dapat memastikan kesehatan dan memenuhi asupan gizi dengan baik.

"Ini penting bagaimana kemudian kita menjaga kesehatan diri kita, calon bayi kita sampai kemudian bayinya lahir. Untuk makanan yang bergizi seperti apa, kita juga penting untuk tahu," ujar Puan.

Kegiatan "Gebyar Inovasi Pelayanan Kesehatan Rakyat" yang dikoordinasi oleh Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno 2022.

Acara tersebut merupakan upaya dari PDIP untuk meningkatkan kesadaran publik dan melakukan perubahan perilaku guna mengatasi stunting.

PDIP mengajak masyarakat berpartisipasi menurunkan angka stunting pada anak usia dua tahun ke bawah di seluruh kabupaten/kota.

Dalam acara itu, sejumlah ibu-ibu hamil dan pasangan suami istri diedukasi untuk mengatasi stunting sejak dini, memberikan makanan tambahan bagi bayi berusia di bawah dua tahun, serta melaksanakan demo masak di atas mobil dapur sehat untuk mengatasi stunting.
Baca juga: Muhadjir: Prevalensi kekerdilan harus turun tiga persen per tahun
Baca juga: Ketua DPR beri bantuan penderita stunting dan disabilitas di Magetan
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022