Jakarta (ANTARA) - Wakil Indonesia RRQ Hoshi berhasil mengamankan tempat di Grand Final Mobile Legends: Bang-Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2022 setelah mengalahkan wakil Filipina RSG PH dalam pertandingan final upper bracket pada babak Playoff hari kelima, Sabtu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, dan disiarkan secara langsung di laman YouTube Mobile Legends, RRQ Hoshi mengalahkan RSG PH dalam babak format best of five untuk menentukan pemenang dari lima gim dengan skor 3-1, menendang tim Filipina tersebut ke lower bracket.

RRQ Hoshi menggunakan line up sama seperti saat menghadapi Todak dari Malaysia pada pertandingan sebelumnya yaitu Alberttt, R7, Vyn, Clayyy dan Skylar, tanpa kehadiran Lemon, sementara RSG PH menurunkan line up Nathzz, Light Emann, Aqua dan Demonkite.

Baca juga: RRQ Hoshi ke final upper bracket MSC 2022 usai tekuk wakil Malaysia

Permainan berlangsung ketat bahkan sejak awal gim pertama ketika dua tim yang belum pernah terkalahkan tersebut berebut satu slot ke Grand Final turnamen tingkat Asia Tenggara itu.

First blood jatuh ke tangan Aqua pada menit pertama, namun Alberttt berhasil membalas dendam menumbangkan satu punggawa RSG PH sekaligus mengamankan turtle pertama.

RRQ Hoshi yang masih tertinggal dari segi poin kill berhasil mengamankan turtle kedua. Kondisi tersebut berlanjut menuju pertengahan gim, namun berubah ketika Lord pertama muncul yang kembali didapatkan Alberttt yang menjadi keuntungan besar bagi RRQ Hoshi, membawa kedudukan imbang 10-10 pon kill.

RRQ Hoshi mulai memimpin permainan mempersempit ruang gerak RSG PH dengan menumbangkan enam turret pada menit ke-15. Alberttt kemudian berhasil mencuri lord dan mencoba menggempur base lawan, namun pertahanan RSG PH masih belum bisa diterobos dengan hanya mendapatkan Emandan menghancurkan turret.

Memilih mundur, RRQ Hoshi kembali mendapatkan lord ketiga dan berusaha masuk ke base lawan setelah menculik Eman dan Light. Kesabaran dan permainan disiplin RRQ Hoshi berbuah manis saat RSG PH akhirnya tidak dapat mempertahankan base.

Baca juga: RRQ Hoshi amankan slot upper bracket MSC 2022

RRQ Hoshi berhasil mendapatkan gim pertama setelah 19 menit 57 detik berjuang dengan 18 poin kill berbanding 14 poin kill untuk mengemas angka 1-0.

Permainan berlanjut ke gim kedua dengan RSG PH lagi-lagi berhasil mendapatkan first blood. Namun, Alberttt kembali mengamankan turtle pertama.

Seperti pada gim pertama, RSG PH unggul dari segi poin kill pada awal gim, namun tidak hingga lord pertama didapatkan Clayyy yang membuat RRQ Hoshi memimpin 12-10 dari segi poin kill.

RRQ Hoshi semakin mendapatkan ritme permainan ketika lord kedua berhasil diamankan Alberttt. Tidak serta merta menggepur base lawan, RRQ Hoshi kembali menujukkan permainan disiplin ketika berhasil mendapatkan turret dan kemudian mundur.

Namun, RRQ Hoshi harus kehilangan lord ketiga. Meski begitu punggawa RRQ tidak tinggal diam dan berhasil memenangi pertarungan hingga menyisakan satu pemain RSG PH. Skylar kemudian mengejar Aqua, yang tidak dapat menyelamatkan base RSG PH dari gempuran para pemain RRQ Hoshi.

RRQ Hoshi kembali mengambil gim kedua pada menit ke-17 yang berarti match poin 2-0.
Hasil tangkapan layar line up wakil Indonesia RRQ Hoshi dalam pertandingan final upper bracket pada babak Playoff hari kelima Mobile Legends: Bang-Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2022 melawan wakil Filipina RSG PH, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA/youtube.com/Mobile Legends: Bang Bang Indonesia)


Gim ketiga menjadi momen bagi RSG PH untuk balas dendam. Tim Filipina tersebut berhasil bermain dominan pada menit awal dan membekuk pergerakan RRQ Hoshi ketika mengamankan purple buff juga memiliki perbedaan gold sebanyak 3.000 pada menit ketujuh.

Lord pertama menjadi sepenuhnya miliki RSG PH yang membuat RRQ Hoshi semakin tertinggal 5.000 gold pada menit kesembilan dengan poin kill tiga berbanding 11.

RSG PH berhasil mengamankan lord kedua yang membuat RRQ Hoshi semakin kesulitan di gim ketiga dan harus rela kehilangan poin pada menit ke-17 dengan 1-2.

Gim keempat menjadi kesempatan RSH PH untuk kembali menjegal langkah RRQ Hoshi. RSG PH kembali mendapatkan first blood dan sekaligus mengamankan turtle pertama.

RRQ Hoshi tertinggal 2.000 gold pada menit keenam namun berhasil mendapatkan turtle ketiga. Hal itu tidak cukup karena RSG PH semakin memegang kendali saat unggul lima berbanding tiga poin kill.

Baca juga: RRQ Hoshi berjuang di babak penyisihan grup MSC 2022 hari ini

Alberttt mencoba mengamankan lord kedua namun tidak berhasil. Meski begitu, RRQ Hoshi berhasil menculik tiga pemain RSG PH dan menghancurkan dua turret di area atas dan tengah.

Hal itu diikuti dengan momen terculiknya sejumlah pemain RSG PH hasil koordinasi Skylar dan Vyn. RRQ Hoshi kembali bangkit mengubah posisi RSG PH yang tadinya unggul pada awal dan pertengahan gim.

Lord ketiga berhasil didapatkan RSG PH namun tidak berpengaruh apa-apa. Pada pertarungan tim selanjutnya yang membuat sejumlah pemain RSG PH tumbang, lord akhirnya berhasil diamankan RRQ Hoshi.

Jatuhnya lord keempat ke tangan RRQ Hoshi menjadi momentum untuk menggempur base RSG PH. Alberttt dan kawan-kawan akhirnya berhasil meluluhlantakkan base RSG PH sekaligus memantapkan langkah menuju Grand Final MSC 2022 dengan skor 3-1.

Sementara itu, RSG PH yang harus turun ke lower bracket final. Wakil Filipina itu akan berhadapan dengan Falcon Esports dari Myanmar atau Omega Esports dari Filipina yang sedang bertanding di babak lower bracket putaran ketiga untuk lolos ke lower bracket final.

Baca juga: RRQ Hoshi lolos ke babak playoff MSC 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022