Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengapresiasi dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terhadap pelaksanaan festival budaya nasional yang akan berlangsung di bumi 'Kenembai umbai' tersebut.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan berharap masyarakat Indonesia pun turut memberikan dukungan dalam festival budaya nanti," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Sabtu.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta dukungan dari Kemkominfo pusat terkait penyebarluasan informasi saat pelaksanaan festival budaya yang akan berlangsung pada 24-30 Oktober 2022.

"Karena itu menjadi ranah Kemkominfo sehingga kami sangat berharap bisa membangun media center saat pelaksanaan festival budaya," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura harapkan Presiden buka Kongres AMAN dan FDS

Baca juga: Meriahkan PON Papua, 100 UMKM ikut Festival Kopi di Jayapura


Menurut Gustaf, sarana komunikasi yang dimiliki Kemkominfo diharapkan bisa terlibat dalam menyebar informasi terkait pesta budaya di Kabupaten Jayapura.

"Kolaborasi Kemkominfo dengan beberapa media baik nasional maupun asing juga tentu akan turut membantu menyuarakan pesta akbar ini," katanya lagi.

Sementara itu, Direktur Informasi Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bambang Gunawan menyatakan siap mendukung pesta budaya nusantara di tanah Papua.

"Dalam beberapa waktu ke depan Kabupaten Jayapura akan menggelar kegiatan budaya nasional yakni Festival Danau Sentani dan kami tentu akan memberikan dukungan demi terselenggara kegiatan tersebut," katanya.

Dia menjelaskan masih dalam rangka pelaksanaan festival juga akan digelar Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke VI dan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke IX.

KMAN kata dia, merupakan sebuah perhelatan budaya yang akan mempertemukan seluruh masyarakat adat di Indonesia bahkan menurut rencana juga akan dihadiri masyarakat adat dari negara lain.

"Sehingga kami dari Kementerian Kominfo sesuai dengan tugas dan fungsinya akan mendukung dan turut menyukseskan rangkaian kegiatan tersebut dengan memanfaatkan semua fasilitas kanal informasi yang dimiliki, ujarnya.

Dia menambahkan akan memastikan jaringan komunikasi dan infrastruktur selama kegiatan tersebut, berlangsung dengan baik.

Bambang Gunawan telah bertemu dengan perwakilan panitia KMAN yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Jakarta, pada Jumat (17/6).

Pelaksanaan festival budaya nasional di Kabupaten Jayapura diantaranya, Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN), Festival Danau Sentani dan peringatan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke IX.*

Baca juga: Pertama di Jayapura, warga Tanah Merah gelar festival mangga golek

Baca juga: HPC gelar Jayapura Art Festival sambut PON XX

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022