Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola putri Arema FC Women menjuarai Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 setelah dalam partai final mengalahkan Putri Surakarta dengan skor 3-0 di Lapangan Pancoran Soccer Field (PSF), Jakarta, Sabtu.

Sejak awal pertandingan, Arema FC Women tampil mendominasi. Tim asal Jawa Timur ini membuka keunggulan melalui Dewi Tia pada menit ke-12.

Sheva Imut menggandakan keunggulan sebelum turun minum. Kemudian, tim asuhan Nabilah Fitriyah memastikan kemenangan 3-0 usai Herlinda mencetak gol pada menit ke-65.

Nabilah Fitriyah mengatakan gelar juara ini tak lepas dari perjuangan para pemain dan ofisial.

"Kami dari awal motivasinya memang menjadi juara. Setelah kalah telak pada laga awal, kami mencoba bangkit dan akhirnya bisa melangkah ke final dan juara," ujar Nabilah usai pertandingan.

Baca juga: Delapan tim sepak bola wanita ikuti Piala Gubernur DKI Jakarta 2022

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hadir langsung dan menyerahkan trofi kepada skuad Arema FC Women. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi Pancoran Soccer Field dan juga Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) atas terselenggaranya turnamen sepak bola putri di ibu kota.

Dia mengatakan ajang ini dapat menjadi pelecut untuk membuat sepak bola putri makin maju dan berkembang.

"Kita sama-sama berharap dengan adanya turnamen seperti ini, maka potensi persepakbolaan wanita akan memiliki wahana untuk berkembang. Dengan begitu, orang tua atau guru yang melihat potensi anak-anaknya di bidang sepak bola bisa ikut mendorong, mengembangkan, sehingga bakat mereka bisa menjadi prestasi," ujar Anies.

Dia juga berharap adanya turnamen ini, klub-klub yang bergerak di bidang sepak bola wanita memiliki saluran untuk bisa saling belajar, saling mengasah prestasi, yang berdampak kepada peningkatan prestasi.

"Tentunya juga menemukan bibit yang potensial untuk nantinya menjadi atlet nasional dan atlet Indonesia di kancah dunia," kata Anies.

Baca juga: Indonesia jadi tuan rumah Piala AFF U-18 Putri 2023

Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 yang secara resmi dibuka di Lapangan Pancoran Soccer Field (PSF), Jakarta, Jumat (10/6) dan diikuti delapan tim.

Dari jumlah tersebut, tiga peserta merupakan klub yang berasal di luar Jakarta yakni, Arema FC Women (Malang), Akademi Persib Putri (Bandung), dan Putri Surakarta FC (Solo).

Sisanya adalah tim asal ibu kota yakni Roket FC, UKI Jakarta, Putri BMIFA, Pro Direck Ladies FC, dan Putri Naga Negeri Jakarta SC.

Sebagai pemenang, Arema FC Women berharap selanjutnya akan lebih banyak ajang-ajang yang bergulir.

"Kami akan mengikuti setiap turnamen yang ada di Indonesia, karena daripada tidur, lebih baik terus beraktivitas. Kami tetap butuh dukungan dari luar supaya ada turnamen-turnamen seperti ini," kata Nabilah.

Baca juga: Papua kampiun Piala Pertiwi 2021-2022
Baca juga: Bupati Barito Utara jabat ketua umum Asosiasi Sepak Bola Wanita PSSI

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022