Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) berharap Youth 20 (Y20), wadah konsultasi resmi perwakilan pemuda negara-negara anggota G20, akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas hidup kaum muda.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kemenpora RI, Wisler Manalu, dalam acara pra KTT Y20 2022 di Manokwari, Papua Barat, yang disiarkan secara langsung pada laman YouTube Indonesian Youth Diplomacy, Sabtu.

Menurut Menpora Amali topik keberagaman dan inklusi, yang baru pertama kali diangkat dalam sejarah Y20, adalah hal penting untuk dibahas, sebab kelompok yang terpinggirkan dan rentan seringkali termasuk di dalamnya adalah para pemuda.

Dalam topik keberagaman dan inklusi kali ini terdapat dua sub-tema yaitu pendidikan inklusif dan ekonomi kreatif, yang keduanya menurut Menpora dapat meningkatkan kualitas kaum muda Indonesia.

"Fokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas SDM pada generasi muda terbesar dalam sejarah dapat menjadi cara yang ampuh untuk mencapai pembangunan sosial, karena itu kami senang dengan topik yang diangkat dalam forum kali ini, sehingga kami dapat menerima rekomendasi dari kalian bagaimana meningkatkan kualitas SDM untuk meningkatkan kualitas hidup kaum muda," ujar Menpora Amali.

Baca juga: Indonesia ajak pemuda jaga kelestarian bumi
Baca juga: Kemenko ajak mahasiswa aktif dalam G20 Indonesia melalui Youth 20


Menpora mengatakan suatu keharusan bagi pemuda dan semua orang untuk mempersiapkan dan memberikan tindakan nyata solusi terkoordinasi dan kerangka kerja yang jelas untuk mengatasi ketidaksetaraan, memberdayakan yang rentan dan yang terpinggirkan, dan memungkinkan terwujud pertumbuhan yang berkelanjutan.

Pra-KTT tersebut, lanjut Menpora, akan menjadi platform yang bagus bagi kaum muda untuk berdialog bernegosiasi dan mengusulkan solusi atas isu-isu yang akan dibahas guna menghasilkan seperangkat kesepakatan tentang keberagaman dan inklusi yang nanti akan sampaikan pada Youth 20 KTT Indonesia 2022 di Jakarta dan Bandung.

"Saya ingin menyampaikan harapan terbaik saya kepada semua delegasi peserta dan perwakilan pemuda di sini. Saya sangat berharap bahwa kita dapat bekerja sama untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan," kata Menpora Amali.

Y20 pada G20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20.

Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam kegiatan tersebut, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Sebelum KTT Y20 Indonesia 2022 digelar, empat Pra-KTT untuk masing-masing bidang prioritas diadakan secara terpisah di empat kota di Indonesia, yakni Palembang pada Maret, Lombok pada April, Balikpapan pada Mei, dan kali ini Manokwari.

Acara puncak KTT Y20 Indonesia 2022 direncanakan digelar di DKI Jakarta dan Bandung pada Juli.

Baca juga: Kemenpora: Anak muda harus peduli dengan isu lingkungan
Baca juga: Menpora dorong pemuda lebih melek literasi keuangan dan digital

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022