Sport Tourism

Sumsel gelar hitung mundur 12 hari menuju Fornas 2022

Sumsel gelar hitung mundur 12 hari menuju Fornas 2022

Gubernur Sumsel Herman Deru memainkan engrang pada acara hitung mundur perlaksanaan Fornas VI di halaman Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumsel, Minggu (19/6). ANTARA/Dolly Rosana.

Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menggelar hitung mundur 12 hari menjelang perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI tahun 2022, 1-7 Juli mendatang.

Acara yang digelar di halaman Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Jakabaring Sport City, Palembang, Minggu itu diramaikan ribuan orang, mulai dari para penggiat olahraga rekreasi hingga masyarakat umum yang memanfaatkan momen itu untuk berolahraga di JSC.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan masyarakat Sumsel sangat mensyukuri peran daerah sebagai tuan rumah Fornas ini karena akan memberikan dampak positif di bidang ekonomi.

“Jika dilihat dari acara hari ini sesungguhnya warga Sumsel sangat antusias sekali menyambut Fornas,” kata Herman Deru setelah secara simbolis melakukan “Count Down Go To Fornas Sumsel”.

Sejauh inj sebanyak 30 provinsi sudah mendaftar menjadi peserta Fornas VI ini atau setidaknya terdapat 11 ribu atlet dan ofisial yang akan ambil bagian.

Hadirnya ribuan orang ini tentunya disambut baik para pelaku usaha wisata karena sejak tiga tahun ini terdampak pandemi COVID-19, mulai dari pelaku perhotelan, restoran, kuliner dan UMKM.

“Kami mendapatkan informasi, pada H-3 semua hotel di Palembang sudah penuh,” kata dia.

Oleh karena itu, ajang Fornas ini menjadi berkah bagi Sumsel yang pernah mengalami fase puncak pandemi. Kegiatan ini juga menjadi awal kebangkitan olahraga dan ekonomi Sumsel.

Baca juga: Gubernur Sumsel sosialisasikan Fornas minta dukungan masyarakat

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel juga mengapresiasi inisiatif dari Bank Sumsel Babel yang mengratiskan penggunaan uang elektronik BSB Cash untuk alat pembayaran (tiket) Light Rail Transit (LRT) selama perhelatan Fornas VI ini.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan BSB ingin terlibat secara langsung dalam menyukseskan Fornas ini karena ajang ini menjadi gelaran olahraga akbar pertama bagi Sumsel setelah pandemi COVID-19.

“Dengan digratiskan naik LRT, diharapkan masyarakat dapat turut meramaikan pertandingan-pertandingan Fornas. Selain itu, kami juga ini mendorong transaksi nontunai dengan memberikan pengalaman menggunakan e-money,” kata Syamsudin.

Sekjen Kormi Sumatera Selatan Eko mengatakan terdapat 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga ekshibisi yang akan dipertandingkan di Fornas VI 2022.

Dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga ekshibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.


Baca juga: Pemprov Sumsel wajibkan seluruh sekolah kenalkan olahraga tradisional
Baca juga: Pemkot Palembang ajak manfaatkan Fornas wujudkan wisata olahraga
Baca juga: Kormi Kabupaten Bogor mengajukan diri jadi tuan rumah Fornas 2023

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar