Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin dr Lis Surachmiati Suseno, Sp.KK mengatakan setiap individu perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang guna menjaga kondisi kesehatan kulit.

"Makanan dengan gizi seimbang akan mempengaruhi kesehatan kulit," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Minggu.

Dokter yang pernah menjabat sebagai kepala divisi dermatologi kosmetik, Departemen Dermatologi dan Venerologi FKUI RSCM itu menjelaskan setiap individu perlu memastikan kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, protein dan lemak, juga mikronutrien seperti vitamin dan mineral telah tercukupi dengan baik.

Baca juga: Pentingnya rawat kesehatan kulit di tengah pandemi

Ketua Komite Medik Marvee Clinic by Kimia Farma itu menambahkan yang tidak kalah penting adalah konsumsi air secara rutin guna menghindari dehidrasi.

Dokter Lis mengingatkan pentingnya tabir surya saat beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan guna melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar matahari yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk saat bekerja dalam waktu lama di depan layar gawai, seperti ponsel dan komputer guna mengurangi paparan cahaya biru yang dikhawatirkan dapat berdampak pada kesehatan kulit.

Selain itu, perempuan yang pernah menjadi pengajar FKUI RSCM itu mengingatkan masyarakat untuk perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang dapat mendukung kesehatan kulit, seperti pepaya, bayam, tomat, jagung, labu, dan lain sebagainya.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi mengenai kesehatan kulit perlu terus dilakukan guna mendukung upaya pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Baca juga: Ahli: Kekurangan cairan dapat terlihat dari kesehatan kulit

Baca juga: Bersihkan wajah di pagi hari demi kulit tetap sehat


Sementara itu, Direktur Pemasaran, Riset dan Pengembangan PT Kimia Farma Jasmine Karsono menambahkan pihaknya sebagai BUMN health care company sedang menggencarkan kampanye yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan diri.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif mendukung program pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan merawat kesehatan tubuh dan kulit," katanya.

Pihaknya melalui Marvee Clinic by Kimia Farma mengajak masyarakat menjaga kesehatan tubuh dan kulit di tengah pandemi COVID-19 serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Masyarakat perlu tetap menjaga prokes dan memakai masker," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022