Magelang (ANTARA) - Sebanyak 435 atlet renang pemula mengikuti Fun Swimming Taman Kyai Langgeng (TKL) Ecopark 2022 di Kota Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Sekretaris Panitia Fun Swimming TKL Ecopark 2022, Agus Hadianto, mengatakan para atlet tersebut berasal dari tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

"Sejumlah peserta tersebut terdiri atas 255 putera dan 180 puteri yang berasal dari 65 sekolah/perkumpulan/tempat les dengan jenjang usia 6-12 tahun," katanya.

Ia menyampaikan peserta sangat antusias untuk mengikuti ajang renang ini, kalau tidak dibatasi peserta bisa mencapai 600an.

Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Magelang Jatmiko menyampaikan TKL Ecopark Fun Swimming 2022 baru pertama kali diselenggarakan di TKL Ecopark.

"Kegiatan ini sebagai upaya menghadirkan perlombaan sebagai ajang kompetisi untuk melahirkan atlet renang, banyaknya kejuaraan maka akan menciptakan bibit-bibit atlet yang andal dalam cabang olahraga renang berprestasi," katanya.

Selain itu, katanya kehadiran prestasi akan mengharumkan nama Kota Magelang ditingkat Provinsi Jateng bahkan kemudian di tingkat nasional.

"Tujuan kegiatan ini adalah menyiapkan bibit-bibit atlet pemula dalam mengikuti ajang yang bersifat daerah, nasional maupun internasional," katanya.

Direktur Utama TKL Ecopark Arif Taat Ujiyanto menyampaikan kegiatan ini adalah sebuah kolaborasi di mana TKl Ecopark yang saat ini identik dengan wisata mencoba mengangkat potensi baru TKL Ecopark.

"TKL Ecopark ini bukan sekadar untuk tempat wisata, tetapi berwisata, berolahraga, dan bahkan bisa berprestasi," katanya.

Ia berharap semoga para peserta bisa menikmati suasana berwisata, namun tetap bisa berolahraga dan bisa mengukir prestasi.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya Fun Swimming TKL Ecopark atas kolaborasi PWI, PRSI, dan TKL Ecopark Kota Magelang.

"Luar biasa, punya ide yang gemilang seperti ini, yang penting bagaimana konsisten dan kontinue supaya orang juga akan tahu fasilitas Kota Magelang mencukupi," katanya.

Ia berharap di tahun-tahun mendatang kegiatan ini bisa terus berlangsung sehingga bisa memacu anak-anak untuk lebih bersemangat, khususnya di cabang olahraga renang. 


Baca juga: Borobudur Marathon siap kerja sama dengan Berlin Marathon
Baca juga: Menpora harapkan WSL momen bangkitnya sport tourism dan sport industry
Baca juga: Disbupar: Aceh berpotensi jadi "surga" destinasi sport tourism

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022