Sentul, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim KFC Sean GP merajai perlombaan Race 1 dan Race 2 Kejuaraan Indonesia Kart Prix (IKP) 2012 di Sirkuit Karting Internasional Sentul, Jawa Barat, Sabtu.

Dua pebalap tim Sean Gelael, Antonio Giovinanzi dan Nocolaj Moller Madsen, tampil sebagai pebalap tercepat pada lomba yang dihiasi guyuran hujan.

Giovinanzi, pebalap asal Italia kelahiran 14 Desember 1993 dan urutan ketiga Kejuaraan Piala Dunia CIK-FIA 2011 itu mendapat poin nol setelah tampil tercepat pada Race 1 dan 2 kategori KF2, sedangkan Moller Madsen dari Denmark di urutan kelima pada Race 1 dan di urutan kedua pada Race 2.

Pada Race 1, setelah berlomba dalam 25 putaran (lap), Giovinanzi membukukan waktu total 21 menit 51, 489 detik sedangkan pada Race 2 ia lebih cepat saat menoreh waktu 21. 42,276, sementara Madsen yang berusia 18 tahun membuat waktu 22.05, 566 dan 21.43, 159.

Urutan ketiga ditempati Sami Luka dari Belgia, juga dari Tim Sean GP, dengan sembilan poin sedangkan pebalap andalan Tim KFC SeanGP, Sean Gelael yang masih berusia 15 tahun bertengger di urutan keenam dengan nilai 14, setelah pada Race 1 berada di urutan 10 dan pada Race 2 menyodok lawannya ke urutan keempat.

Pada perlombaan Minggu yang dimulai dengan pemanasan pada pukul 08.30 WIB, akan dilangsungkan laga Race 3 dan Race 4 serta "Super Pole" dan petang hari kelas legenda (veteran) diikuti ketua umum PP IMI Nanan Soekarna, Adiguna Sutowo, Hutomo MP, Chepot Hanni Wianto, Beng Soeswanto, Ricardo Gelael dan yang lainnya.

Mengomentari perlombaan hari pertama itu, Sean Gelael yang pada musim lomba 2011 bertarung dalam 11 lomba di Eropa, mengatakan cuaca panas dan hujan yang berganti-ganti, menyebabkan masalah, karena hal itu berpengaruh dengan setting ban dan mesin.

"Semoga besok kita dapat mengatasi hal ini, artinya agar dapat mengantisipasi kondisi cuaca dengan jenis ban yang akan kita gunakan," kata Sean, pelajar setingkat SMP pada sekolah internasional di Cita Buana, Jakarta.

Sedangkan rekan setimnya, Sami Luka, senada dengan Sean mengatakan, cuaca sesekali kering, kemudian basah akibat hujan, menyebabkan sulit menerapkan strategi akibat setting yang tidak tepat dengan kendaraan yang siap atau sedang berlomba.

Pimpinan Lomba, Stanley Iriawan, mengatakan perlombaan hari pertama Indonesia Kart Race 2012 sebagai gelaran perdana PP IMI di bawah komando Nanan Soekarna itu, berlangsung mulus kendati hujan yang beberapa kali menguyur lokasi lomba sempat membuat sedikit masalah dengan jadwal perlombaan.

"Lomba hari pertama ini tidak ada masalah, kendati hujan sempat menyebabkan jalannya lomba tersendat dan jadwal lomba bergeser dari yang seharusnya," kata Stanley, mantan atlet gokart nasional.

Pada lomba lainnya Sabtu, pebalap nasional Philopaz Armand berada di urutan pertama, disusul Ryuuya Fujie dari Jepang, Sami Luka, Stefano Cucco dari Italia dan Joel Johansson dari Swedia, sedangkan di kelas Mini Rotax, Leonardo Lorandi dari Tim Baby Race tampil tercepat pada Race 1-2 dan di kelas Rotax Junior tampil sebagai yang tercepat Julio Prost.
(T.A008/T009)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012