Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik terjadi di wilayah DKI Jakarta selama Minggu (20/6) kemarin,  mulai dari aksi berkebaya  di Car Free Day (CFD) hingga warga memeriksakan kesehatan  gratis di Jalan Danau Sunter Selatan.

Berikut rangkuman rangkaian peristiwa di DKI Jakarta untuk menemani aktivitas pada Senin pagi ini:

1. Menlu Retno dukung perempuan kenakan kebaya untuk olahraga di CFD

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ikut serta mendukung perempuan mengenakan kebaya untuk olah raga Gerak Jalan Sehat pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), Minggu.

"Saya sangat mendukung acara 'Jalan Kaki Bersama Perempuan Indonesia Berkebaya' karena kami ingin membudayakan berkebaya. Kemudian kedua, kebaya juga dalam proses diajukan ke UNESCO (sebagai warisan budaya dunia)," kata Retno kepada wartawan di Jakarta, Minggu.
baca di sini

2. Peserta "Kebaya Goes to UNESCO" menyanyikan lagu Indonesia Pusaka

Jakarta (ANTARA) - Peserta kampanye "Kebaya Goes to UNESCO" terdiri dari perempuan dengan busana kebaya menyanyikan lagu nasional Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki sehingga menarik perhatian pengunjung hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), di Bundaran HI Jakarta, Minggu.

"Indonesia tanah air beta. Pusaka abadi nan jaya. Indonesia sejak dulu kala. Selalu dipuja-puja bangsa!" demikian penggalan nyanyian tersebut bergema sehingga menjadi perhatian warga Jakarta.

Meski banyak yang berusia 50 tahun ke atas, para perempuan berkebaya itu terus kuat melangkah dari Jalan Jenderal Sudirman (depan gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) ke Bundaran HI yang sekitar 6,6 kilometer jauhnya itu.
Baca di sini

3. Warga periksa kesehatan gratis saat HBKB di Danau Sunter

Jakarta (ANTARA) - Warga yang menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Minggu di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, tidak hanya berolahraga, tapi juga bisa memeriksakan kondisi kesehatan secara gratis.

Pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, suhu dan berat badan, gula darah serta pemeriksaan dini kanker serviks.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara dr Lysbeth Regina Panjaitan di Jakarta mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu diikuti lebih dari lima puluh pengunjung dan dua puluh pengunjung lainnya menjalani vaksinasi lanjutan (booster).
baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022