Jakarta (ANTARA) - Tren permintaan masyarakat terhadap hunian hijau atau ramah lingkungan, termasuk rumah susun atau apartemen mengalami peningkatan pascapandemi COVID-19 di Tanah Air.

Hunian hijau telah menjadi daya tarik tersendiri, hakikatnya yang utama adalah sarana untuk mengekspresikan diri dan mengeksplorasi berbagai aktivitas baik di dalam maupun luar ruang, terutama di masa transisi pandemi menuju endemi saat ini.

"Saat ini, memilih hunian yang ideal merupakan salah satu aspek penting untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi hunian adalah aksesibilitasnya terhadap lingkungan hidup serta konektivitas yang ditawarkan baik dari sisi fasilitas sekitar maupun kehidupan sosial," ujar Marketing Manager The MAJ Residences Cibubur Asnedi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Tren hunian "hijau" diminati selama pandemi

Kondisi tersebut, lanjutnya, menjadikan tren permintaan pasar properti yang menawarkan lingkungan yang nyaman nan asri mengalami peningkatan signifikan seiring dengan naiknya kebutuhan akan hunian yang ideal dan terjangkau.

Menurut dia, salah satu kawasan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang dinilai merupakan lokasi terbaik untuk hunian ideal dengan konsep ramah lingkungan yakni Cibubur.

"Cibubur, adalah salah satu kawasan yang menawarkan pesona lingkungan yang asri karena lanskapnya yang masih dikelilingi pepohonan yang cukup rimbun. Hal inilah, yang menjadikannya sebagai lokasi terbaik untuk memulai investasi hunian ideal," katanya.

Selain karena habitat alamnya yang masih terawat, Cibubur juga merupakan kawasan yang sedang berkembang pesat dalam pertumbuhan ekonomi, meski berlokasi di pinggiran kota Jakarta.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya perkembangan proyek properti di Transyogi Cibubur - Cileungsi dalam beberapa tahun terakhir serta pembangunan kawasan komersial di empat wilayah yakni Jakarta Timur, Depok, Bekasi dan Bogor).

Terkait minat pasar properti terhadap hunian hijau, Asnedi mengatakan, The MAJ Residences Cibubur mengembangkan hunian yang dapat memenuhi gaya hidup sehat masyarakat saat ini, terutama, disaat Jakarta sudah terbilang minim ketersediaan akan ruang terbuka hijau.

Dia menambahkan konsep hunian hijau bukan hanya sekadar ketersediaan ruang terbuka hijau, tapi ada elemen penting yang harus diperhatikan, salah satunya adalah sarana dan prasarana di lingkungan sekitar hunian.

"Kolaborasi antara kualitas ruang luar yang asri disertai dengan fasilitas sekitar hunian yang lengkap dapat memberikan dampak positif kepada penghuni dalam beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungannya secara sosial," katanya.

Baca juga: Mengenal Heatgard, cat penolak panas untuk eksterior rumah

Baca juga: Mengenal batu sinter yang tahan noda dan antigores untuk hunian


Baca juga: Agung Podomoro dorong ekonomi melalui pembangunan hunian premium

Pewarta: Subagyo
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022