Timnas yang terdiri dari ratusan komunitas tergerak melestarikan kebaya
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 150 komunitas dari berbagai daerah di Tanah Air mendukung upaya pengajuan Hari Kebaya Nasional sebagai salah satu upaya melestarikan jenis pakaian nusantara tersebut.

Ketua Tim Nasional Pengajuan Penetapan Hari Kebaya Lana T Koentjoro di Jakarta, Senin mengatakan pada 4 Juni 2022 lalu pihaknya bersama Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, tokoh masyarakat dan komunitas di Solo melakukan penandatanganan Dukungan Hari Kebaya Nasional sekaligus menggelar Parade Kebaya Nasional.

Setelah Parade Kebaya Nusantara di Solo, saat ini dukungan terbaru datang dari Samarinda, Kalimantan Timur. Kami akan melakukan safari dan kegiatan ke berbagai kota baik di Jawa dan luar Jawa untuk mengumpulkan dukungan," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Dikatakannya, sebanyak 150 komunitas yang memberikan dukungan pengajuan Hari Kebaya tersebut antara lain dari Yogyakarta, Bali, Manado dan daerah-daerah lainnya.

Baca juga: PBI dorong kebaya masuk warisan budaya tak benda

Baca juga: Peserta "Kebaya Goes to UNESCO" menyanyikan lagu Indonesia Pusaka


Setelah Parade Kebaya Nusantara di Solo, lanjutnya, komunitas-komunitas tergerak melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kebaya.

Salah satunya yang Hari Bebas Berkendara (CFD) Berkebaya yang diikuti para pecinta Kebaya di Jakarta, pada Minggu (19/6) lalu. Menurut dia hal itu merupakan bukti dan bentuk kecintaan masyarakat Indonesia pada busana warisan leluhur.

"Saya bangga dan mengapresiasi kegiatan CFD Berkebaya yang dilakukan oleh teman- teman," ujar Lana yang juga Ketua Umum Perempuan Indonesia Maju (PIM).

Menurut dia, semakin banyak kegiatan berkebaya yang dilakukan oleh berbagai komunitas, semakin baik sehingga upaya melestarikan kebaya terus terjaga.

"Ini juga sekaligus sebagai bentuk dukungan pada Tim Nasional Pengajuan Hari Kebaya dan Kebaya Menuju Unesco (Badan Dunia untuk Pendidikan dan Kebudayaan) yang sedang kami siapkan," katanya.

Menyinggung penetapan Hari Kebaya, dia menyatakan, masih menunggu kajian akademik dari tim pakar untuk menentukan tanggal yang akan diusulkan ke pemerintah, karena hal itu harus memiliki dasar historis.

"Harapan kami untuk segera mungkin diputuskan," katanya.

Lana menjelaskan kebaya merupakan busana warisan budaya leluhur bangsa Indonesia, selain itu menjadi pakaian sehari- hari perempuan Indonesia sejak dahulu dari Sabang sampai Merauke.

Demikian pula di Jawa, Sumatera Barat, Manado dan Maluku, perempuannya juga berkebaya, tambahnya, model kebaya juga disesuaikan dengan kearifan lokal masing masing daerah.

"Oleh karena itulah, kami Timnas yang terdiri dari ratusan komunitas tergerak untuk melestarikan kebaya dan mengusulkan pada pemerintah untuk menetapkan Hari Kebaya Nasional seperti halnya batik," katanya.

Dengan ditetapkannya Hari Kebaya Nasional, lanjutnya, maka kelestarian kebaya akan tercapai, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan industri kebaya serta turunannya, seperti asesoris, selop, tas akan makin berkembang.

Baca juga: Menlu Retno dukung perempuan kenakan kebaya untuk olahraga di CFD

Baca juga: Kekuatan kebaya yang tetap berjaya

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022