Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak IPDA dr. Harun Albar, M.Kes, SpA mengungkapkan pentingnya memperhatikan strategi pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk bayi guna mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi.

"Orang tua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1000 hari pertama kehidupan (HPK) seorang anak guna mencegah stunting. Pada periode MPASI, para orang tua perlu memperhatikan dengan baik terhadap strategi pemberiannya, dimulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman, dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak," kata Harun melalui keterangan tertulis yang diterima ANTARA pada Senin.

Baca juga: Kiat buat suasana makan bersama anak makin menyenangkan

Menurut Harun, MPASI dapat dibuat sendiri oleh orang tua di rumah. Meski demikian, kandungan makanan yang diolah tentu harus dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan bayi.

"Orang tua perlu mencermati kandungan makanan yang diolah, seperti kecukupan asupan protein hewani, lemak, mikronutrien, dan pemberian dalam jumlah terbatas untuk bahan makanan yang mengandung serat, gula, dan garam," ujarnya.

Untuk mendukung strategi ibu dalam pemenuhan gizi di 1000 hari pertama kehidupan, brand ritel ibu dan anak Mothercare menghadirkan rangkaian peralatan makan dan alat pengolah makanan keluaran Swedia, Twistshake.

Associate Marketing Manager Mothercare Yohanna Prieda mengatakan, Twistshake dibuat dan dikemas dengan bahan baku yang aman, bebas BPA, dan telah memenuhi semua peraturan keselamatan terkait bahan makanan.

Baca juga: Rifat Sungkar sebut pentingnya "car seat" untuk keamanan anak di mobil

"Yang paling utama, Twistshake ini mengembangkan produk yang simpel, aman. Bentukan dari produk Twistshake ini memang sangat ramah bagi si kecil karena tidak ada sudut-sudut yang tajam, Selain itu, sudah BPA Free dan banyak penghargaan-penghargaan lainnya yang sudah diakui khususnya di internasional," kata Yohanna saat acara peluncuran di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, rangkaian produk terbaru dari Twistshake itu hadir dengan pilihan warna-warni pastel yang cerah dan menggemaskan, agar anak semakin tertarik untuk makan atau minum susu menggunakan dot.

Sementara untuk produk pengolahan makanan yakni Twistshake Food Processor, menawarkan keunggulan multi 6 in 1 yang dapat memudahkan para orang tua menyiapkan MPASI bagi sang buah hati, dimulai dari fungsi mengukus memasak daging, buah sayuran, dan lainnya.

Kemudian, fungsi mencampur makanan untuk membuat pure atau smoothie, fungsi pemanasan untuk menghangatkan botol susu dan makanan, fungsi sterilisasi untuk mensterilkan botol minum dan dot.

Ada juga fungsi menghangatkan yang dapat digunakan untuk menyimpan makanan atau botol agar tetap hangat, serta terdapat descaling system untuk memudahkan ibu saat membersihkan alat sehingga bebas dari kerak.


Baca juga: Pentingnya "car seat" bagi anak yang sesuai dengan usia

Baca juga: Momami luncurkan rangkaian produk baru untuk ibu hamil dan menyusui

Baca juga: Rayakan hari jadi ke-60, Mothercare hadirkan ragam promosi

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022