Saham China ditutup bervariasi, indeks Shanghai terkikis 0,04 persen

Saham China ditutup bervariasi, indeks Shanghai terkikis 0,04 persen

Ilustrasi - Seorang warga memperhatikan pergerakan saham di China. ANTARA/Reuters/aa.

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup bervariasi pada perdagangan Senin, setelah berhasil mencatat keuntungan akhir pekan lalu dengan indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai, terkikis 0,04 persen atau 1,36 poin menjadi menetap di 3.315,43 poin.

Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China terangkat 1,27 persen atau 155,99 poin menjadi berakhir di 12.487,13 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang dicakup oleh kedua indeks tersebut mencapai sekitar 1,16 triliun yuan (sekitar 173 miliar dolar AS), melebihi 1 triliun yuan selama tujuh hari perdagangan berturut-turut dan meningkat dari 1,09 triliun yuan pada perdagangan sebelumnya.

Saham-saham yang terkait dengan energi baru dan pendidikan mencatatkan keuntungan besar, sedangkan saham-saham yang terkait dengan komoditas curah seperti batu bara termasuk yang mengalami kerugian terbesar.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (start-up) di papan perdagangan bergaya Nasdaq China, ditutup bertambah 1,997 persen menjadi 2.710,14 poin.

Baca juga: IHSG ditutup menguat di tengah aksi jual asing
Baca juga: Ekonom: Pasar saham masih positif didukung kondisi makroekonomi
Baca juga: Rupiah awal pekan melemah dibayangi prospek moneter AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar