Jakarta (ANTARA) - Pebalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), Muhammad Delvintor Alfarizi, telah berlatih di Eropa selama 1,5 bulan sebagai persiapan menghadapi seri Kejuaraan Dunia Motorcross 2022 MXGP Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin, pebalap 21 tahun itu akan bersaing dengan pebalap papan atas dunia kelas MX2 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, 25-26 Juni.

Dengan segala persiapan yang dilakukan, Delvintor mengatakan akan berusaha menampilkan performa terbaik dengan menggunakan motor berbasis Honda CRF250R.

"Ini tahun kedua saya dipercaya Astra Honda menjadi pebalap yang mewakili Indonesia di balapan MXGP," kata Delvintor.

"Di sirkuit Samota, saya bersama semua pebalap akan sama-sama merasakan pertama kali tantangan sirkuit ini. Sehingga berbekal latihan bersama tim, saya berharap dapat menaklukkan segala tantangan dan meraih hasil yang bagus di MXGP Samota,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Indonesia punya dua wakil di seri MXGP Samota-Sumbawa

Delvintor pernah merasakan atmosfer persaingan Kejuaraan Dunia Motocross dengan turun pada kelas MX2 pada 2018 di Semarang dan Pangkal Pinang, serta pada 2019 di Palembang dan Semarang.

Tahun ini, dia akan berlomba di bawah naungan Astra Honda Racing Team dan bersaing dengan 13 pebalap dunia lainnya seperti Tom Vialle (Prancis) dan Jago Geerts (Belgia), serta yang lain.

Delvintor pun optimistis dapat meraih hasil baik pada lomba nanti. Hal ini tak lepas dari, kombinasi pengalaman tim AHRT di dunia balap, performa tangguh Honda CRF yang sudah mendunia, serta kemampuan yang dimilikinya.
Pebalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) Muhammad Delvintor Alfarizi bakal turun pada kelas MX2 seri Kejuaraan Dunia Motorcross MXGP Indonesia di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, 25-26 Juni. (ANTARA/HO-AHM)

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan dukungan terhadap Delvintor di MXGP Samota menjadi bagian dari komitmen AHM dalam mewujudkan mimpi crosser berbakat Tanah Air di kancah balap dunia.

"Dengan semangat Satu Hati untuk Indonesia Juara, AHRT hadir menemani crosser muda berbakat Indonesia dengan pembinaan balap berjenjang yang terstruktur yang sudah mencetak beragam prestasi membanggakan," katanya.

"Kami berharap penampilan Delvintor di MXGP Samota dapat menginspirasi semangat crosser berbakat di Tanah Air untuk terus berusaha menggapai mimpi mereka,” ujar Andy.

Baca juga: Pebalap MXGP dijadwalkan tiba di Indonesia pada 21-22 Juni

Kiprah AHM di dunia balap motocross melalui AHRT dimulai sejak 2019. Beragam prestasi membanggakan juga berhasil ditorehkan di dunia balap motocross nasional, seperti juara nasional motocross kelas MX2 2019 serta juara Indonesian Power Track kelas MX2 pada 2021.

Selain Delvintor, Indonesia juga memiliki pebalap lainnya yakni Farhan Hendra Fahrodjie yang bakal turun pada kelas MXGP.

Farhan Hendra adalah adalah pebalap yang pernah tampil pada seri MXGP 2017 di Pangkal Pinang, MXGP 2018 di Pangkal Pinang dan Semarang, serta MXGP 2019 di Palembang dan Semarang.

Dia merupakan salah satu pebalap top Indonesia dengan tercatat beberapa kali menang di kejuaraan nasional motocross.

Pada gelaran MXGP di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Farhan bakal turun dengan menggunakan motor KTM. Dia akan bersaing dengan 20 rider top dunia seperti Tim Gajser (Sloveni), Jeremi Seewer (Swiss), Jorge Prado (Spanyol), dan yang lainnya.

Baca juga: Sirkuit MXGP Samota disebut paling indah dan menantang buat pebalap
Baca juga: Logistik MXGP Samota mulai berdatangan di Bandara Lombok
Baca juga: Sumbawa akan jadi tuan rumah perhelatan MXGP 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022